Artikel Pilihan

Waspadai Penyebab dan Gejala Hepatitis A Pada Anak Bunda!

hepatitis a pada anak
hepatitis A pada anak/ Sumber foto: freepik

Hepatitis adalah penyebab peradangan hati. Kondisi ini lebih sering menyerang orang dewasa, namun bisa juga menyerang anak-nanak bahkan bayi. Ada berbagai jenis penyakit hepatitis seperti hepatitis A dan B. Meskipun biasanya disebabkan oleh virus, hepatitis juga dapat disebabkan oleh faktor lain.

Demi kesehatan anak, sebaiknya Bunda mengetahui penyebab dan gejala hepatitis pada anak untuk pencegahan.

Apa Itu Hepatitis A?

Hepatitis A adalah penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis A dan bersifat menular. Penyakit ini dapat ditularkan dari ibu ke bayi yang baru lahir. Penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi mulai dari kerusakan hati, sirosis hati, hingga kematian.

Anak-anak yang terkena hepatitis biasanya tertular dari obat-obatan tertentu, kelainan bawaan, atau terkena paparan zat menular. Hepatitis A paling sering terjadi pada bayi dan anak-anak. 

Hepatitis bisa disebabkan dari makanan laut yang terkontaminasi virus atau zat berbahaya. Kotoran juga dapat membawa virus. Oleh karena itu penting untuk menjaga kebersihan dan perawatan kesehatan yang baik pada bayi dan anak-anak untuk menghindari tertular penyakit ini.

Penyebab Hepatitis A Pada Anak

hepatitis a pada anak

Hepatitis A pada anak-anak biasanya ditularkan melalui:

  • Buah-buahan, sayuran, makanan laut, dan sumber makanan lain yang terkontaminasi virus hepatitis A
  • Menyentuh atau menggunakan barang bersamaan dengan penderita hepatitis A
  • Ibu hamil atau menyusui dapat menularkan virus ini kepada bayi.

Gejala Hepatitis A

Hepatitis A pada anak dapat dikenali gejalanya sebagai berikut. 

  • Demam
  • Mual
  • Muntah
  • Nafsu makan berkurang drastis
  • Penurunan berat badan
  • Tubuh anak mudah lelah
  • Mata dan kulit menguning
  • Anak diare
  • Sakit tenggorokan
  • Nyeri otot dan sendi

Penyakit ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar ya, Bunda. Hindari kontak langsung dengan penderita hepatitis A agar tidak terpapar virus. Selain itu, penting untuk mengonsumsi makanan sehat.

Berikan MPASI yang bergizi dan ASI pada anak sesuai kebutuhan. Konsumsi MPASI dapat memenuhi kebutuhan tubuh Si Kecil sehingga tubuh dapat tumbuh dengan optimal. Sementara itu, ASI menyediakan nutrisi dan antibodi yang baik untuk imunitas tubuh bayi Bunda sehingga anak tidak mudah sakit. 

Bunda bisa konsumsi ASI booster untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas ASI. Dengan begitu, kebutuhan ASI anak Bunda akan terpenuhi dan Si Kecil dapat tumbuh dengan optimal dan terhindar dari berbagai penyakit.

Itulah informasi penyakit hepatitis A yang harus Bunda ketahui. Jika Bunda memiliki permasalahan seputar ASI seperti puting lecet, ASI mampet, dan seret, silakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga informasi menarik lainnya yuk Bunda!

ASI Penting Untuk Bayi Penderita Penyakit Kuning

Bunda Harus Tahu 5 Tips Mencegah Batuk Pilek Pada Anak

Rhinitis: Ini Cara Mengobati dan Merawat Anak Yang Mengalami Rhinitis!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password