Artikel Pilihan

Bunda Harus Tahu Ini Dampak Kekurangan Vitamin C!

ilustrasi vitamin C/ Foto: Freepik

 

Vitamin C merupakan esensial yang sangat penting bagi tubuh. Konsumsi vitamin C yang cukup akan memberikan perlindungan pada tubuh loh Bunda! Ini penting karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C secara alami, sehingga untuk memenuhi asupan vitamin C Bunda harus konsumsi makanan. 

Sejak dahulu, vitamin C terbukti mampu meningkatkan sistem imun tubuh dan bagus untuk perbaikan berbagai jaringan di tubuh seperti kulit, tulang, gigi, dan tulang rawan. Jika konsumsi vitamin C kurang, tubuh akan mengalami defisiensi dan ini tidak baik untuk kesehatan, loh. Kira-kira apa saja sih dampak kekurangan vitamin C bagi tubuh? Simak terus penjelasan ini Bunda!

Kekurangan vitamin C

Bunda, kekurangan vitamin C ternyata tidak baik loh untuk kesehatan Bunda dan Si Kecil., terlebih jika Bunda sedang menyusui. Kekurangan vitamin C yang terus-menerus dapat menyebabkan menurunkan imunitas tubuh sehingga badan jadi mudah sakit. Padahal vitamin C adalah zat yang mampu membuat kolagen dalam tubuh, jika kadar kolagen berkurang, maka tubuh Bunda tidak dapat memproduksi jaringan baru untuk tubuh. 

Hal ini menyebabkan berbagai jaringan di tubuh Anda mulai rusak dan kesehatan serta perbaikan tubuh jadi terpengaruh. Kekurangan vitamin C yang terus-menerus (kronis), biasanya dalam jangka waktu sekitar tiga bulan atau lebih, dapat menimbulkan penyakit seperti:

  • Kelelahan
  • Tubuh lemas
  • Nyeri pada otot dan sendi
  • Tubuh mudah memar
  • Kulit kering
  • Mudah sariawan
  • Gusi mudah terluka dan bengkak
  • Pendarahan tiba-tiba dan tidak terduga dari gusi Anda
  • Penurunan berat badan

Penuhi asupan vitamin C!

Kebanyakan vitamin C dalam makanan manusia berasal dari buah dan sayuran. Memasak buah dan sayuran mengurangi kandungan vitamin C mereka sekitar sepertiga matang. Tujuannya agar kadar vitamin C dalam makanan tidak terbuang akibat proses masak yang terlalu lama, Bunda.

Asupan vitamin C harian yang direkomendasikan dalam makanan tergantung pada usia dan jenis kelamin loh. Umumnya, bagi Bunda yang hamil dan menyusui akan membutuhkan vitamin C dalam jumlah yang lebih tinggi dalam makanan. Wanita berusia 18 tahun ke bawah membutuhkan sekitar 115 miligram vitamin C per hari. Sementara selama menyusui, Bunda disarankan untuk mengonsumsi 120 miligram vitamin C per hari. 

Itulah informasi bahaya kekurangan vitamin C bagi tubuh. Nah, untuk menghindari dampak negatif tersebut, sebaiknya Bunda memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Selain mengonsumsi makanan dan minuman sehat, Bunda bisa meningkatkan asupan vitamin C dengan suplemen. Namun, tetap harus sesuai anjuran dokter atau bidan, ya.

Untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral lainnya Bunda juga bisa mengonsumsi multivitamin dan ASI booster untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link https://t.me/BusuiSehat. Salam sehat untuk Bunda semua! Pantau terus ya informasi menarik lainnya hanya di Busuisehat!

Baca juga informasi ini yuk Bunda!

 Vitamin C Tingkatkan Imunitas Tubuh Selama Bunda Menyusui!

Vitamin C Punya Segudang Manfaat Menakjubkan Bunda!

Kekurangan Asupan Vitamin A Berbahaya Loh!

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password