Artikel Pilihan

Keajaiban Kolostrum Bagi Buah Hati, Bunda Harus Tahu!

ilustrasi kolostrum/ Foto: Freepik

 

Kolostrum adalah jenis ASI yang diproduksi paling awal. Kolostrum keluar di hari ke-1 sampai hari ke-3 setelah kelahiran bayi. ASI jenis ini berwarna kekuningan dan memiliki tekstur yang kental. 

Kolostrum tinggi akan nutrisi karena mengandung makro dan mikronutrien yang butuhkan tubuh Si Buah Hati. Dalam kolostrum terdapat antibodi yang lebih tinggi daripada ASI matur. Kolostrum mengandung protein 8, 5 %, lemak 2, 5%, karbohidrat 3, 5%, vitamin, mineral, dan garam yang dibutuhkan tumbuh kembang anak. 

Seluruh kandungan dalam kolostrum lebih baik dibandingkan dengan susu formula. Meskipun kandungan susu formula yang beredar saat ini sudah diformulasikan untuk bayi, tetap kandungan dan gizi ASI kolostrum lebih baik. Menurut Bd. Cory Agusthina, SKM, CHE, kandungan kolostrum jauh lebih unggul dibandingkan dengan susu formula.

Susu formula biasanya mengedepankan kandungan zat besi dan DHA, padahal semua kandungan tersebut ada di dalam ASI. ASI lebih mudah dicerna dan diserap oleh bayi sehingga bayi mendapatkan nutrisi yang tepat dan sesuai kebutuhannya, tidak kurang dan tidak lebih. Selain itu, hingga saat ini, belum ada susu formula yang memasukkan kandungan kolostrum. Ini karena kandungan tersebut tidak bisa dibuat tiruannya.

Jadi, ada baiknya Bunda mengutamakan pemberian ASI eksklusif pada awal pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Ini bertujuan untuk membangun antibodi yang kuat pada tubuh bayi Bunda.

Manfaat Kolostrum untuk Bayi Bunda

Kandungan di dalam kolostrum tentu sangat baik untuk kesehatan bayi. Berbagai manfaat dari kolostrum yang bayi Bunda daparkan yaitu:

  • membantu membangun sistem kekebalan yang kuat karena kolostrum mengandung antibodi dan sel darah putih
  • menciptakan lapisan pelindung pada organ pencernaan bayi Bunda untuk mencegah kuman penyebab penyakit dan mencegah peradangan
  • baik untuk pencernaan bayi Bunda karena kolostrum melancarkan mekonium (kotoran pertama yang gelap)
  • membantu mencegah penyakit kuning pada bayi Bunda
  • memberi otak, mata, dan jantung bayi Anda perpaduan nutrisi yang tepat dan baik untuk tumbuh kembang
  • mengandung protein, garam, lemak, dan vitamin berkadar tinggi yang dibutuhkan tubuh
  • nutrisi lengkap yang mudah dicerna bayi Bunda 
  • membantu mencegah gula darah rendah pada bayi baru lahir
  • mencegah obesitas pada bayi Bunda

Nah, bagaimana Bunda? Ternyata kolostrum sangat bermanfaat ya untuk Si Kecil. Setelah mengetahui kolostrum lebih dalam, Bunda pasti ingin terus memberikan nutrisi terbaik untuk bayi dengan ASI. 

Untuk itu, penting bagi Bunda untuk menjaga kuantitas dan kualitas ASI. Bunda bisa mengonsumsi makanan dan produk ASI booster.

Jika Bunda mengalami masalah menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI seret, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan klik link https://busuisehat.com/chat/konsul-bundaku/

Ikuti terus beragam informasi dan tips-tips menarik lainnya ya Bunda di Busuisehat!

Baca juga yuk Bun!

Yuk Ketahui ASI dan Kandungannya Bunda!

Nutrisi Penting untuk Bunda Menyusui

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password