Artikel Pilihan

Yuk Ketahui ASI dan Kandungannya Bunda!

ASI (Air Susu Ibu) adalah air susu yang dihasilkan oleh ibu. ASI dihasilkan melalui kelenjar payudara. ASI mengandung gizi yang diperlukan oleh buah hati untuk kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Pada pertumbuhan awal, Bunda dianjurkan untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi tanpa memberi tambahan makanan padat atau bahan lainnya. 

Selain itu, kandungan ASI selalu berubah mengikuti pertumbuhan buah hati Bunda. Oleh karena itu, ASI memiliki banyak jenis dan memiliki kelebihan di setiap jenisnya. Beberapa ASI bahkan menunjukkan warna kuning, putih, cair, atau bahkan kental. Untuk itu kenali ASI lebih dalam yuk Bunda!

Kolostrum

Kolostrum diproduksi oleh kelenjar susu di hari ke-1 hingga hari ke-3 kelahiran bayi, Bunda. Ciri khas kolostrum terletak pada karakteristiknya yang berwarna putih kekuningan dan kental. Untuk itu, Bunda jangan khawatir ya kalau ASI di hari pertama keluar berwarna kuning karena ini adalah hal yang normal, kok. 

Kolostrum memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi loh, Bunda. Kandungannya antara lain protein, lemak, karbohidrat, garam, mineral, dan air. Selain itu, kolostrum baik untuk antibodi bayi Bunda. Jadi, jangan sampai melewatkan pemberian ASI di tahap awal kelahiran ya, Bunda.

ASI Transisi

Apa itu ASI transisi? Nah, ASI transisi adalah ASI yang diproduksi setelah kolostrum keluar. ASI transisi berwarna putih. Tingkat kekentalannya pun berubah-ubah, bisa kental atau cair. Kandungan protein pada ASI transisi tidak setinggi kolostrum. Namun, kadar karbohidrat, vitamin, dan lemak meningkat.

ASI Matang

ASI matang muncul setelah ASI transisi ya, Bunda. ASI matang ini akan terus diproduksi kelenjar susu hingga masa penyapihan atau masa menyusui selesai. Warna ASI matang cenderung berubah-ubah mengikuti makanan dan minuman yang dikonsumsi Bunda selama menyusui. Untuk itu Bunda harus memperhatikan asupan gizi dengan benar karena akan memengaruhi kualitas ASI.

Manfaat ASI untuk Bayi

Bagaimana pun, bayi Bunda membutuhkan ASI untuk tumbuh kembangnya. Dengan mengkonsumsi ASI, bayi Bunda akan mendapatkan gizi yang baik dan seimbang.  Ada banyak manfaat yang bayi Bunda dapatkan dari ASI eksklusif yaitu:

  • nutrisi lengkap karena mengandung lemak, karbohidrat, kalori, vitamin, dan proteim yang dibutuhkan bayi Bunda
  • meningkatkan daya tahan tubuh
  • mudah dicerna dan diserap oleh tubuh bayi Bunda
  • meningkatkan kecerdasan mental dan emosional bayi Bunda
  • sebagai antibodi untuk bayi 
  • langit-langit, gigi, dan rahang tumbuh sempurna
  • perlindungan penyakit infeksi seperti diare, saluran pernapasan, dan otitis media
  • mencegah alergi pada bayi Bunda

Manfaat ASI untuk Bunda

  • meningkatkan hubungan batin anak dan Bunda
  • mempercepat pemulihan kesehatan
  • sebagai KB alami sehingga membantu menunda kehamilan
  • mengurangi risiko kanker payudara, kanker ovarium, dan diabetes
  • lebih hemat dan ekonomis

Itulah beberapa pengetahuan dasar mengenai ASI yang harus Bunda ketahui. Tujuannya agar Bunda dapat memberikan nutrisi terbaik untuk Si Kecil tercinta. 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa kandungan, rasa, dan kualitas ASI sangat dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi Bunda selama menyusui. Untuk itu, Bunda perlu mengonsumsi ASI booster untuk membantu meningkatkan produksi dan kualitas ASI.

Jika Bunda mengalami masalah dalam menyusui Si Kecil,  padahal sudah banyak mengonsumsi ASI booster lain dan tetap tidak berpengaruh. Bunda bisa melakukan konsultasi dengan tim busuisehat.com dengan klik link https://busuisehat.com/chat/konsul-bundaku/ 

Oh iya, jangan sampai ketinggalan juga informasi dan tips-tips menarik lainnya seputar ASI dan life style Bunda menyusui hanya di Busuisehat ya!

Baca juga yuk Bunda!

Pilihan Makanan untuk Meningkatkan Kualitas ASI

Bunda Yuk Simak Penyebab & Cara Mengatasi ASI Yang Seret

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password