Artikel Pilihan

Bayi Bingung Puting, Ini Cara Mengatasinya

ilustrasi menyusui/ Foto: Freepik

 

Apa Itu Bingung Puting?

Istilah bingung puting (nipple confusion) digunakan untuk menggambarkan kondisi bayi yang menolak puting susu Bunda sehingga membutuhkan alat bantu untuk menyusui. Hal ini tentu membuat Bunda kebingungan. Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE memberikan penjelasan mengenai bingung puting sebagai berikut. 

“Biasanya bingung puting terjadi pada bayi yang baru belajar menyusu, tetapi langsung diberikan botol atau dot. Mengisap payudara dan dot memiliki mekanisme koordinasi lidah serta mulut yang berbeda. Botol dot lebih mudah keluar sehingga bayi terlalu nyaman menggunakan dot dan tidak terbiasa mengisap payudara”.

Pada umumnya, bayi yang ditempelkan pada buah dada akan langsung membuka lidah dan mencari puting Bundanya. Namun, hal ini tidak terjadi pada bayi yang mengalami bingung puting. Keadaan ini juga sering membuat Bunda kewalahan dan menyerah karena jika tidak menyusu, bayi Bunda tidak mendapatkan nutrisi. Alhasil sebagai alternatif Bunda memilih untuk memberikan botol susu (dot). 

Padahal, menyusu langsung melalui puting memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan botol susu (dot). Mengisap areola puting dan payudara akan melatih seluruh aspek di dalam mulutnya, seperti otot pipi, gusi, langit-langit lidah, dan bibir bayi Bunda, loh. 

Penyebab Bingung Puting

Kondisi bingung puting biasa dialami oleh bayi yang sulit beradaptasi menyusu pada puting Bunda. Hal ini membuat sebagian besar Bunda memutuskan untuk memberikan susu formula pada bayinya sejak dini. Padahal, ASI memiliki kandungan yang lebih baik dibandingkan dengan susu formula. 

Mungkin, Bunda sering bertanya-tanya mengenai penyebab bingung puting yang dialami oleh Si Kecil. Nah, Busuisehat telah merangkum beberapa hal yang menyebabkan bingung puting pada bayi Bunda.

1. Bunda cepat putus asa ketika ASI pertama tidak keluar sehingga terlalu dini mengenalkan botol susu pada bayi

2. Menganggap susu formula memiliki kandungan yang lebih baik daripada ASI

3. Bunda memilih untuk praktis dengan memberikan susu formula pada bayi Bunda dibandingkan ASI

4. Membiarkan bayi Bunda menyusu menggunakan botol susu (dot) 

 Seperti yang sudah dijelaskan, ASI memiliki kandungan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan susu formula. Jika Bunda berniat untuk mengenalkan kembali ASI pada Si Bayi, lakukanlah sedini mungkin. Kesalahan-kesalahan tersebut seharusnya dapat dihindari dan bisa Bunda perbaiki, kok. Asalkan Bunda gigih dan tidak cepat putus asa.

Cara Mengatasi Bingung Puting Pada Bayi Bunda

Untuk mengatasi bingung puting, Bunda bisa ikuti tips-tips berikut ini. 

1. Hentikan pemakaian botol susu (dot).

2. Lakukan skin to skin lebih sering. Hal ini berguna untuk menstimulasi insting alamiah menyusu pada bayi Bunda.

3. Usahakan belajar menyusui ketika bayi dalam kondisi tenang atau setengah mengantuk. Hal yang perlu diingat Bunda, jika bayi rewel jangan dipaksa untuk menyusui karena akan menimbulkan trauma pada bayi. Tunggu hingga bayi Bunda rileks terlebih dahulu, ya.

4. Perah dahulu ASI sebelum menyusui agar refleks pengeluaran ASI terjadi. Hal ini bertujuan untuk mempermudah bayi dalam belajar mengisap payudara kembali, sehingga bayi tidak perlu menunggu aliran ASI terlalu lama.

5. Teteskan ASI ke dalam mulut bayi sebelum Bunda melekatkan bayi.

6. Paling penting adalah untuk tetap tenang, konsisten, dan sabar saat mengatasi bingung puting.

7. Konsultasi kepada konsultan laktasi untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dengan demikian, konsultan laktasi akan memberikan bantuan kepada Bunda tata cara menyusui bayi yang benar. Tentunya disesuaikan juga dengan kondisi Bunda dan bayi.

Pemberian ASI secara terus-menerus adalah jalan satu-satunya untuk mengatasi bingung puting pada bayi Bunda. Intinya, Bunda harus tetap sabar, tenang, dan konsisten, ya. Berikan ASI secara bertahap dan perlahan. 

Selama pengenalan puting dan ASI, Bunda tetap harus menjaga pola makan dan hindari stres berlebihan ya, Bun. Hal ini untuk menjaga produksi ASI Bunda tetap lancar. Jangan lupa untuk mengonsumsi ASI booster.

Jika Bunda mengalami masalah dalam menyusui Si Kecil,  padahal sudah banyak mengonsumsi ASI booster lain dan tetap tidak berpengaruh. Bunda bisa melakukan konsultasi dengan tim busuisehat.com dengan klik link https://busuisehat.com/chat/konsul-bundaku/

Baca juga yuk Bunda!

Tips Sukses Memperbanyak ASI Melalui Teknik Power Pumping, Perhatikan Jadwalnya

5 Posisi Menyusui yang Harus Bunda Coba, Simak Penjelasannya Dengan Benar

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password