fbpx
Artikel Pilihan

Tubuh Lemas Karena Haus, Ikuti 5 Tips Mencegah Dehidrasi Saat Puasa!

Tips Mencegah Dehidrasi Saat Puasa
Tips mencegah dehidrasi saat puasa/ Sumber foto: freepik

Berpuasa adalah kewajiban bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia setiap tahun. Menjalani puasa selama lebih dari 12 jam tentunya dapat membuat tubuh lemas karena kekurangan cairan. Untuk menghindari dehidrasi, Bunda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini agar puasa berjalan lancar dan tubuh tetap bugar.

1. Mengurangi konsumsi kafein

Tips Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Saat puasa, sebaiknya Bunda mengurangi makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, dan soda. Minuman atau makanan yang mengandung kafein bersifat diuretik. Efek diuretik membuat tubuh melepaskan cairan, sehingga Bunda akan sering buang air kecil saat puasa. Hal ini bisa membuat Bunda jadi mudah haus dan kekurangan cairan tubuh.

2. Konsumsi air putih yang cukup

Tips Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Selama berpuasa penting untuk menjaga cairan tubuh. Ini karena 70% dari tubuh kita adalah air, sehingga tubuh Bunda membutuhkan cairan. Kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi dan gangguan kesehatan lainnya. Untuk memastikan asupan air harian cukup, Bunda bisa konsumsi 2 gelas air saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas sebelum tidur.

3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Tips Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Mengonsumsi buah dan sayur sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Ini karena sayur dan buah kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh melindungi tubuh radikal bebas. Selama berpuasa, Bunda bisa mengonsumsi buah dan sayur yang kaya kandungan air, vitamin E, dan vitamin C seperti:

  • semangka
  • melon
  • kelapa
  • timun suri
  • jeruk
  • alpukat
  • blewah
  • mentimun
  • bayam

Selain rasanya enak, buah-buahan dan sayur tersebut dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh Bunda selama berpuasa.

4. Hindari konsumsi gula berlebihan

Tips Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Saat berbuka puasa, banyak orang yang memilh untuk mengonsumsi minuman manis. Padahal, ini tidak baik untuk tubuh Bunda loh. Ini dapat meningkatkan kadar gula dalam darah secara drastis. Selain itu, mengonsumsi minuman yang manis berlebihan justru menambah rasa haus. Daripada mengonsumsi sirup dan minuman yang tinggi pemanis buatan, sebaiknya Bunda mengonsumsi infused water. 

5. Kurangi aktivitas di luar ruangan saat siang hari

Tips Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Cairan tubuh dapat keluar dari cairan keringat. Jika Bunda beraktivitas terlalu banyak, tubuh akan mengeluarkan keringat berlebih. Akhirnya, tubuh jadi kekurangan cairan sehingga Bunda akan merasa haus. Untuk menjaga cairan tubuh, sebaiknya Bunda mengurangi aktivitas berat di luar saat siang hari ya. 

Selain menjaga cairan tubuh, penting juga untuk memastikan produksi ASI tetap terjaga selama berpuasa. Bunda bisa mengonsumsi susu ASI booster saat sahur maupun berbuka. Selain enak, ASI booster dapat menjaga kesehatan, menjaga produksi ASI, dan kualitas ASI Bunda selama berpuasa. Dengan begitu, kebutuhan ASI anak Bunda akan terpenuhi dan Si Kecil dapat tumbuh dengan optimal!

Itulah tips mencegah dehidrasi saat puasa. Jika Bunda memiliki permasalahan seputar ASI seperti puting lecet, ASI mampet, dan seret, silakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Mau tahu informasi mengenai tips puasa dan informasi menarik lainnya? Baca juga informasi ini yuk Bunda!

Baca juga yuk tips menarik lainnya Bunda!

ASI Booster Alami Untuk Ibu Menyusui Selama Berpuasa

7 Makanan Sahur yang Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui Selama Berpuasa

Kulit Tetap Sehat dan Lembap, Ini 7 Tips Merawat Kulit Selama Berpuasa

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password