fbpx
Artikel Pilihan

Rhinitis: Ini Cara Mengobati dan Merawat Anak Yang Mengalami Rhinitis!

cara mengobati rhinitis pada anak
cara mengobati rhinitis pada anak/ Sumber foto: Freepik

 

Rinitis alergi sangat umum terjadi pada anak-anak. Perkiraan sekitar 10 hingga 40% anak mengalami rhinitis. Umumnya, anak akan mengalami beberapa gejala seperti hidung pilek, mata berair, bersin-bersin, rongga tenggorokan gatal, hingga demam.

Jika pilek Si Kecil tidak kunjung sembuh dalam waktu beberapa hari, bisa jadi penyebabnya adalah rhinitis. Untuk itu, sebaiknya Bunda memeriksakan Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Dampak Rhinitis Alergi

Saat terpapar alergen, Si Kecil akan mengalami gejala seperti batuk, pilek, mata berair, demam, dan bersin terus-menerus. Jika dibiarkan hal ini dapat mengganggu kesehatan dan aktivitas sehari-hari Si Kecil. 

Selain itu, gejala rhinitis dapat mengganggu kualitas tidur dan konsentrasi anak. Jika dibiarkan, rhinitis bisa semakin parah dan berpotensi menjadi asma.

Merawat Anak Yang Mengalami Rhinitis

cara mengobati rhinitis pada anak

Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan di rumah secara mandiri untuk mencegah dan mengurangi gejala rhinitis pada anak, yaitu: 

  • Menghindari alergen seperti debu, bulu binatang, dan bunga. Hindari kontak langsung agar anak tidak terpapar alergen.
  • Menjaga kebersihan lingkungan agar anak terhindar dari debu, jamur, maupun tungau penyebab alergi. 
  • Beri Si Kecil makanan sehat bergizi agar metabolisme tubuh kuat. 

Mengobati Rhinitis

Selain itu, pemberian obat dengan diagnosis yang tepat juga mampu meredakan rhinitis pada anak. Bunda bisa memberikan obat steroid intranasal atau antihistamin efektif untuk mengurangi gatal, hidung berair, dan bersin. Namun, sebaiknya penggunaan obat ini harus di bawah pengawasan dokter ya, Bunda. 

Selain Si Kecil, Bunda juga harus menjaga kesehatan tubuh dengan istirahat yang cukup, konsumi makanan bergizi dan multivitamin. Jika Bunda sedang menyusui, Bunda bisa mengonsumsi ASI booster agar kualitas dan kuantitas ASI baik.  Jika Bunda memiliki permasalahan menyusui seperti puting lecet, ASI seret. dan payudara bengkak, silakan berkonsultasi dengan tim Busuisehat melalui link https://t.me/BusuiSehat.

Jaga selalu kesehatan agar Bunda dan Si Kecil terus bahagia!

Baca juga informasi bermanfaat ini Bunda!

Anak Bunda Sering Bersin? Waspadai Rhinitis Pada Si Kecil!

Waspada Lip Tongue-Tie Pada Anak, Ketahui Penyebabnya Bunda!

Penyebab Berat Badan Bayi Turun dan Susah Naik, Simak Penjelasannya Bunda!

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password