MP-ASI

MPASI: Ini 5 Tanda Bayi Bunda Siap Diberi MPASI

MPASI: Ini 5 Tanda Bayi Siap Diberi MPASI
MPASI/ Sumber foto: freepik

Memberi bayi makanan pertama di usia 6 bulan adalah hal penting. Mengenalkan bayi Bunda makanan pendamping ASI (MPASI) baik untuk tubuh. Si Kecil membutuhkan nutrisi lebih untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh dan MPASI adalah kuncinya. 

Selain itu, MPASI berguna melatih seluruh organ mulut bayi sebelum akhirnya bisa mengonsumsi makanan seperti orang dewasa. Sebelum mengenalkan MPASI pada anak, Bunda bisa mencari tahu cara yang baik dan benar agar pemberian MPASI bisa berjalan lancar.

Kesiapan MPASI Pada Bayi 

MPASI pertama dapat diberikan ketika bayi sudha berusia 6 bulan ya, Bunda. Pada usia tersebut, sistem pencernaannya sudah cukup baik sehingga bisa mencerna makanan dengan baik. Namun, jangan pernah memberikan makanan padat, seperti makanan orang dewasa, pada Si Kecil ya Bunda. Ini berbahaya karena organ mulut Si Kecil belum tumbuh sempurna sehingga belum bisa menerima sepenuhnya.

Tanda-Tanda Bayi Siap MPASI

MPASI: Ini 5 Tanda Bayi Siap Diberi MPASI

1. Sudah memasukkan tangan atau mainan ke dalam mulut

2. Sudah bisa duduk dan menahan kepalanya dalam posisi tegak walau masih belum sempurna

3. Tertarik saat melihat orang makan. misalnya bersuara “aah” atau mencoba meraih sendok makanan yang sedang Bunda pegang

4. Adanya respon dari bayi dengan membuka mulut saat diberikan makanan atau sendok

5. Dapat meraih makanan dan memasukkannya ke mulut.

Jadwal Makan

Bunda bisa memberikan makanan dengan jadwal sendiri dan tidak harus terpatok pada aturan. Yang terpenting asupan nutrisi Si Kecil terpenuhi dan bayi kenyang. Bunda bisa membuat jadwal jam pemberian MPASI seperti berikut:

  • Jam 06.00: ASI
  • Jam 08.00: Bubur susu
  • Jam 10.00: Buah
  • Jam 12.00: ASI
  • Jam 14.00: ASI
  • Jam 16.00: Buah
  • Jam 18.00: Nasi tim saring
  • Jam 20.00: ASI

Tanda Bayi Kenyang

Ketika bayi Bunda sudah cukup makan, dia mungkin menangis atau berpaling. Jangan memaksakan Si Kecil untuk menghabiskan makanannya.

Itulah beberapa tanda bayi Bunda siap diberi MPASI. Selama pemberian MPASI, Bunda juga harus memberikan ASI yang cukup karena bagaimana pun bayi masih membutuhkan nutrisi dari ASI.

Selama program MPASI, penting untuk meningkatkan dan menjaga kuantitas serta kualitas ASI. Untuk itu, Bunda bisa konsumsi ASI booster

Jika Bunda memiliki kekhawatiran terhadap permasalahan ASI lainnya seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI seret, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com melalui link  https://t.me/BusuiSehat.

Untuk tips dan informasi seputar ibu menyusui, pantau terus Busuisehat ya!

Baca juga yuk Bunda!

MIitos atau Fakta: Benarkah Susu Formula Lebih Baik Daripada ASI?

Cara Menyimpan ASI Perah Agar Tahan Lama, Bunda Harus Tahu!

Ini 5 Ciri-Ciri Bingung Puting Pada Bayi Yang Harus Bunda Tahu!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password