fbpx
Artikel Pilihan

Bahaya Mengonsumsi Soda Saat Buka Puasa Yang Jarang Diketahui

bahaya minum soda untuk buka puasa/ Sumber foto: freepik

Saat berbuka puasa, biasanya orang ingin mengonsumsi minuman dingin dan menyegarkan. Salah satu minuman yang sering dikonsumsi saat berbuka puasa adalah minuman sirup dan minuman bersoda. 

Tetapi, apakah Bunda tahu ternyata mengonsumsi soda akan berdampak buruk bagi kesehatan loh. Ingin tahu apa saja dampak buruk mengonsumsi soda? Simak informasi berikut ini Bunda!

Kandungan Minuman Soda

Minuman bersoda tidak mengandung nutrisi. Selain itu, soda juga mengandung bahan kimia yang berbahaya. Soda tinggi akan pemanis yang dapat meningkatkan gula darah sehingga berisiko menyebabkan gangguan kesehatan.

Bahan pengawet seperti asam fosfat yang terdapat dalam soda dapat menyebabkan pengeroposan tulang dan penyakit ginjal. Warna karamel soda terbuat dari bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker. 

Bahaya Minum Soda Saat Buka Puasa

bahaya minum soda

Oleh karena terbuat dari bahan kimia dan tinggi gula, mengonsumsi soda akan berdampak pada kesehatan tubuh. 

1. Meningkatkan Risiko Diabetes

Kadar gula yang tinggi dalam minuman rata-rata menyebabkan lonjakan tajam pada gula darah. Akibatnya, tubuh akan merasa lapar dan lelah. Selain itu, terlalu tinggi gula dalam darah dapat memberatkan kerja hati untuk memproduksi insulin sehingga meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

2. Meningkatkan Risiko Obesitas 

Pemanis buatan dalam soda dapat meningkatkan gula darah dan dapat mengganggu metabolisme tubuh. Aspartam, pemanis dalam soda, terbukti dapat menyebabkan kanker. Sementara itu, pemanis buatan seperti sorbitol juga dapat menyebabkan sindrom iritasi usus besar.

3. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Obesitas, sindrom metabolik, dan diabetes tipe 2 merupakan penanda penyakit kardiovaskular. Jika Bunda mengonsumsi terlalu banyak pemanis buatan, dapat menyebabkan ketidakseimbangan lipid. Hal ini akan mengganggu fungsi kerja jantung.

4. Penyebab Erosi Gigi

Gula dalam soda adalah makanan bagi bakteri dalam mulut. Jika tidak ditangani, bakteri ini akan menyerang enamel gigi. Selain itu, beberapa jenis minuman soda memiliki pH yang sangat asam sehingga dapat merusak gigi, dentin, dan lapisan bawah gigi.

5. Menyebabkan Osteoporosis

Asam fosfat adalah bahan tambahan makanan yang ditambahkan ke dalam soda untuk memberi rasa yang tajam. Selain itu, asam fosfat juga digunakan untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme agar soda tahan lama.

Namun, terlalu banyak fosfat dalam darah dapat mengganggu metabolisme kalsium yang penting untuk kesehatan tulang. Mengonsumsi soda setiap hari dapat menyebabkan osteoporosis dan meningkatkan risiko patah tulang pada wanita yang lebih tua, kemungkinan karena ketidakseimbangan dalam rasio kalsium dan fosfat. 

Untuk menghindari risiko penyakit tersebut, ada baiknya Bunda berbuka dengan air putih, jus buah, atau susu. Selain lebih sehat, mengonsumsi air putih, jus buah, dan susu saat berbuka puasa dapat memenuhi asupan harian tubuh.

Jika selama berpuasa Bunda sedang dalam masa ASI eksklusif, Bunda harus mengonsumsi makanan dalam porsi cukup dan bergizi. Bunda bisa mengonsumsi produk ASI booster saat sahur dan berbuka puasa agar produksi dan kualitas ASI tetap terjaga. Dengan begitu, kebutuhan ASI Si Kecil dapat terpenuhi.

Jika Bunda mengalami masalah menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI seret, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan klik link https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga informasi ini yuk Bunda demi kesehatan dan produksi ASI lancar!

Ketahui Makanan Yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil Saat Berpuasa

17 Daftar Makanan Kaya Vitamin K Untuk Kesehatan Tubuh Bunda

8 Manfaat Konsumsi Daging Buah Kelapa untuk Buka Puasa

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password