Artikel Pilihan

7 Makanan Sahur yang Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui Selama Berpuasa

makanan sahur untuk ibu menyusui
makanan sahur untuk ibu menyusui/ Sumber foto: freepik

Tidak terasa ya Bunda, bulan Ramadan telah tiba. Ini artinya seluruh umat muslim wajib menunaikan ibadah puasa di bulan yang suci ini. Akan tetapi, bagi ibu hamil dan ibu menyusui mendapatkan keringanan dalam menjalankan ibadah puasa. Jika Bunda mengkhawatirkan kondisi kesehatan tubuh dan bayi, maka Bunda diperbolehkan tidak berpuasa. Sebagai gantinya, Bunda dapat mengganti puasa sesuai di lain waktu atau dengan membayar fidyah.

Namun, jika Bunda tetap ingin berpuasa, sebaiknya perhatikan asupan makanan dan minuman. Agar tubuh tetap sehat selama berpuasa dan dapat memproduksi ASI dengan baik. Dengan begitu, kebutuhan Si Kecil juga terpenuhi.

Makanan Sahur untuk Ibu Menyusui

makanan sahur untuk ibu menyusui

Beberapa makanan berikut ini dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa. Selain itu, makanan berikut ini juga dapat mempertahankan produksi ASI Bunda selama berpuasa.

1. Kurma

Salah satu makanan yang dianjurkan untuk ibu menyusui saat berpuasa adalah kurma. Kaya oksitosin yang mempercepat produksi ASI, dan mendukung kualitas ASI yang dihasilkan, oleh karena itu kurma sangat dianjurkan.

Selain itu, kurma kaya akan glukosa alami yang baik untuk mengembalikan energi tubuh setelah seharian berpuasa. Vitamin B dalam kurma ampuh mencegah anemia selama berpuasa dan memperkuat sistem tubuh. 

2. Pisang

Pisang adalah buah padat nutrisi yang memiliki jumlah kalium, vitamin B6, tembaga, mangan, dan serat yang baik untuk pencernaan. Vitamin C dan B6 dalam pisang dan senyawa bioaktif, seperti fenol dan fitosterol, dalam pisang membantu meningkatkan kekebalan karena efek antioksidan dan antiinflamasinya. Mengonsumsi 1 buah pisang saat sahur sebagai makanan penutup sangat baik untuk kesehatan tubuh Bunda.

3. Melon

Buah melon kaya akan air, vitamin K, vitamin C, vitamin B, serat, kalium, magnesium, niasin, thiamin, dan folat. Makan buah ini dapat membantu tubuh Bunda tetap terhidrasi. Ini karena kandungan airnya yang tinggi, buah ini dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh selama menyusui  saat berpuasa. 

Serat makanan dalam melon dapat membantu mencegah sembelit selama berpuasa. Sementara kandungan vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Bunda. Konsumsi 1 cangkir buah melon saat sahur dapat memenuhi asupan vitamin C Bunda selama berpuasa.

4. Kacang hijau

Selama menyusui, Bunda dianjurkan untuk mengonsumsi protein tambahan sebanyak 25 gram per hari. Untuk memenuhi protein harian Bunda selama berpuasa dan menyusui, Bunda bisa konsumsi bubur kacang hijau. Selain itu, kacang hijau rendah gula sehingga baik untuk pencernaan dan menjaga kadar gula darah selama berpuasa. Kacang hijau juga kaya akan karbohidrat dan vitamin B yang baik untuk energi tubuh. Konsumsi kacang hijau saat sahur akan menjaga energi Bunda selama berpuasa dan ASI tetap lancar.

5. Almond

Tingginya kadar protein dalam kacang almond sangat bagus untuk memperbaiki jaringan tubub yang rusak. Selain itu, zat antioksidan dalam kacang almond membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kacang almond juga baik untuk menjaga kuantitas dan kualitas produksi ASI Bunda selama berpuasa. Untuk camilan sehat, Bunda bisa mengonsumsi 1 genggam kacang almond saat sahur agar produksi ASI tetap lancar. 

6. Telur rebus

Telur kaya akan mikronutrien meliputi vitamin A, B2, dan B12 yang bagus untuk kesehatan. Telur juga kaya akan senyawa sphingomyelin, lutein, dan zeaxanthin yang bersifat antiinflamasi. Konsumsi telur matang secara teratur dapat mencegah risiko anemia selama Bunda menyusui. 

Seluruh nutrisi dalam telur tentunya sangat baik untuk mempertahankan produksi ASI selama berpuasa. Bunda bisa konsumsi 2 butir telur rebus saat sahur untuk mencegah anemia dan mempertahankan produksi ASI.

7. Yogurt

Yogurt mengandung kalsium dan protein yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan saat Bunda dalam masa menyusui. Selain itu, yoghurt mengandung bakteri probiotik yang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan selama puasa. Bunda bisa konsumsi secangkir yogurt, sekitar 150 ml hingga 200 ml, saat sahur untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Untuk mendapatkan khasiat luar biasa, Bunda bisa kombinasikan makanan tersebut dengan susu ASI booster saat sahur. Selain enak untuk, menu sahur ini dapat menjaga kesehatan, menjaga produksi ASI, dan kualitas ASI Bunda selama berpuasa. Dengan begitu, kebutuhan ASI anak Bunda akan terpenuhi dan Si Kecil dapat tumbuh dengan optimal!

Itulah makanan sahur yang baik untuk Bunda selama berpuasa. Jika Bunda memiliki permasalahan seputar ASI seperti puting lecet, ASI mampet, dan seret, silakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Mau tahu informasi mengenai tips puasa dan informasi menarik lainnya? Baca juga informasi ini yuk Bunda!

Yuk Ketahui Tips Berpuasa Saat Menyusui Bunda!

Bahaya Mengonsumsi Soda Saat Buka Puasa Yang Jarang Diketahui

Tips Puasa Bagi Penderita Maag, Bunda Harus Tahu Agar Perut Tidak Perih!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password