Artikel Pilihan

5 Sayur Ini Baik Untuk Pertumbuhan dan Memperkuat Tulang Si Kecil!

panduan mpasi untuk bayi usia 6-12 bulan
ilustrasi sayur mengandung kalsium/ Sumber foto: Freepik

 

Pada dasarnya, kalsium merupakan mineral yang sangat penting untuk tubuh manusia. Seperti yang telah Bunda ketahui, kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang khususnya pertumbuhan dan menjaga kepadatan tulang. Mineral ini diperlukan untuk menjaga kesehatan otak dan bagian tubuh lainnya seperti jantung, saraf, dan sistem pembekuan darah.

Untuk meningkatkan kepadatan dan kesehatan tulang Si Kecil, Bunda bisa berikan sayuran yang kaya kalsium. Berikut ini adalah daftar sayur yang baik untuk tulang Si Kecil. Catat Bunda!

Daftar Sayur Kaya Akan Kalsium

1. Bok Choy

Tahukah Bunda bahwa dalam 100 gram bok choy mengandung 105 gram kalsium. Tentu Ini sangat baik untuk pertumbuhan tulang Si Kecil!. Secangkir bok choy yang dimasak dapat memebuhi 16% dari kebutuhan kalsium harian Si Kecil. Diolah jadi berbagai jenis lauk juga sangat enak loh.

 

2. Bayam

Mengandung kalsium sebanyak 99 mg per 100 gram. Bayam juga tinggi antioksidan dan vitamin K yang baik untuk penyerapan kalsium secara optimal. Sayur ini memiliki cita rasa yang netral sehingga cocok diolah menjadi berbagai jenis masakan menyehatkan.

3. Okra 

Dalam 100 gram okra menyediakan 82 mg kalsium. Secangkir okra rebus menyumbang sekitar 12% dari kebutuhan harian kalsium Si Kecil. Selain itu, okra mengandung 3 g protein dan 4 g serat yang baik untuk otot dan pencernaan. 

4. Brokoli

Brokoli mengandung 47 gram kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Mengonsumsi sayur ini bisa memenuhi kebutuhan kalsium sebesar 4% loh, Bunda. Selain itu, brokoli baik untuk pencernaan Si Kecil dan kesehatan jantung. Bunda bisa mengolah brokoli menjadi berbagai jenis menu makanan yang lezat dan bergizi.

5. Kale

Saur kale memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tulang. Dalam secangkir kale memberikan 9,5 gram kalsium atau sebesar 9% kebutuhan tubuh. Kale juga merupakan sumber antioksidan kuat  yang membantu mengurangi kerusakan oksidatif dalam tubuh, sehingga membantu mencegah banyak penyakit.

Selain Si Kecil, Bunda juga harus memenuhi asupan kalsium harian agar terhindar dari osteoporosis. Apalagi jika Bunda sedang menyusui Si Kecil. Bunda bisa mengonsumsi sayuran tersebut dan meningkatkan penyerapan kalsium dengan ASI booster

Jika Bunda mengalami masalah dalam menyusui Si Bayi,  padahal sudah banyak mengonsumsi ASI booster lain dan tetap tidak berpengaruh. Bunda bisa melakukan konsultasi dengan tim busuisehat.com dengan klik link https://t.me/BusuiSehat.

Selain itu, jangan sampai ketinggalan juga informasi dan tips-tips menarik lainnya ya Bunda hanya di Busuisehat!

Baca juga yuk Bunda informasi menarik lainnya seputar manfaat kalsium dan ASI!

Ternyata Kekurangan Kalsium Berbahaya Bagi Bunda Menyusui

Kalsium Penting untuk Bunda Menyusui

Ini 5 Camilan Sehat Untuk Tingkatkan ASI Bunda!

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password