Artikel Pilihan

Persiapan Sebelum Pumping ASI, Simak Penjelasannya Yuk Bunda!

Alat Pumping: Persiapan Sebelum Memompa ASI
alat pumping asi/ Sumber foto: freepik

 

Sebagian besar Bunda memilih untuk memerah ASI agar menghemat waktu dan tenaga.  Namun, ada beberapa hal yang harus Bunda perhatikan sebelum memompa ASI, yaitu persiapan! 

Nah, kira-kira bagaimana persiapan sebelum memompa ASI? Simak informasi berikut ini!

Kapan Mulai Memompa?

Diskusikan program ASI ini kepada pasangan Bunda ya. Jika Bunda ingin bekerja dan berencana memberikan ASI hingga anak berusia 2 tahun, pumping adalah solusinya. Selain lebih praktis, Bunda dapat menyiapkan stok ASI perah untuk Si Kecil untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan ASI. 

Peralatan Pumping

pumping asi

Sebelum melakukan pumping, sebaiknya Bunda mengetahui peralatan apa saja yang dibutuhkan. Berikut daftar peralatan pumping yang harus Bunda persiapkan. 

1. Pompa ASI

Pompa ASI merupakan peralatan penting yang harus Bunda miliki. Tanpa pompa ASI dan mesinnya, Bunda tidak dapat memerah ASI dengan efektif. 

Pastikan Bunda tahu jenis dan merk pompa ASI yang tersedia di pasaran. Umumnya pompa ASI tersedia dua jenis yaitu pompa ASI manual dan elektrik. Pilihlah sesuai kebutuhan Bunda ya. 

2. Lap bersih 

Saat melakukan pumping selalu sedia lap bersih ya Bunda. Setelah memompa ASI, Bunda bisa gunakan lap bersih untuk membersihkan sisa ASI di payudara dan botol ASI. 

3. Botol ASI 

Jika Bunda sudah memiliki pumping, jangan lupa untuk menyediakan botol khusus untuk menyimpan ASI perah. Pastikan botol yang digunakan bersih dan tidak bocor ya Bunda agar ASI tidak terkontaminasi udara dan debu. Dengan begitu, ASI hasil pumping bisa bertahan lebih lama. 

4. Sedia Breast Pad

Sedia breast pad juga Bunda agar ASI tidak merembes ke bra dan pakaian Bunda. 

5. Alat Pembersih Pompa

Terakhir dan paling penting untuk menjaga kebersihan pompa ASI dengan pembersih. Selalu bersihkan pompa ASI dan botol ASI jika sudah digunakan ya Bunda agar tidak kotor dan steril.  

6. Cooler Bag

Sedia cooler bag akan sangat membantu saat Bunda dan Si Kecil bepergian jauh. Dengan cooler bag, hasil pumping ASI bisa tahan lama. Jangan lupa didalamnya disediakan ice gel ya Bunda.

Itulah beberapa alat yang harus Bunda persiapkan sebelum melakukan pumping. Selama program pemberian ASI, penting untuk meningkatkan dan menjaga kuantitas serta kualitas ASI. Untuk itu, Bunda bisa konsumsi ASI booster

Jika Bunda memiliki kekhawatiran terhadap permasalahan ASI lainnya seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI seret, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com melalui link  https://t.me/BusuiSehat.

Untuk tips dan informasi lainnya pantau terus Busuisehat ya, Bunda!

Informasi ini penting loh Bunda, baca yuk!

Warna ASI Merah: Amankah ASI Berwarna Merah Dikonsumsi Bayi?

Cara Mencuci dan Sterilisasi Alat Pumping Yang Efektif!

MPASI: Ini 5 Tanda Bayi Bunda Siap Diberi MPASI

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password