fbpx
Pertumbuhan Anak

Berdongeng Pada Anak, Ternyata Banyak Manfaatnya Lho!

berdongeng
berdongeng/sumber foto: canva.com

Bunda sering mendongengkan si kecil sebelum tidur? Jika iya beruntung sekali lho anak bunda. Berdongeng kepada si kecil ternyata memiliki bayak manfaat untuk tumbuh kembangnya, bun.

Berceita kepada si kecil bukan hanya untuk mendekatkan diri antara bunda dan si anak, akan tetapi masih banyak manfaat berdongeng yang dapat membantu perkembangan si anak salah satunya adalah meningkatkan daya imajinasi mereka tentunya akan membuat mereka lebih kreatif lagi nantinya.

Namun ternyata tak hanya itu saja bunda, masih banyak manfaat berdongeng untuk si kecil. Berikut beberapa manfaat lain diantaranya.

1. Melatih perkembangan kognitif

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berdongeng dapat meningkatkan daya imajinasi anak dengan menstimulasi otak si kecil untuk berpikir dan berimajinasi. Tentunya hal tersebut sangatlah baik untuk tumbuh kembang anak di masa pertumbuhannya.

2. Memperbanyak kosakata si anak

Terdapat sebuah penelitian Journal Journal of Developmental & Behavioral Pediatrics yang memperlihatkan bahwa anak-anak yang rutin dibacakan dongeng rata-rata mengetahi 1,4 juta kosakata dibandingkan dengan anak yang tidak dibacakan. Dengan begitu membacakan dongeng untuk anak sangat bermanfaat untuk perkembangannya bunda, sehingga anak akan memahami kata dan kalimat. Hal itu pun sangat bermanfaat untuk meningkatkan bicaranya sehari-hari.

3. Meningkatkan kemampuan matematika

Ternyata berdongen juga dapat meningkat kemampuan berhitung si kecil lho bunda. Terdapat penilitian yang membuktikan anak yang sering dibacakan dongeng akan lebih memiliki kemampuan matematika yang baik dibandingkan dengan rata-rata anak di usianya.

4. Meningkatkan perkembangan mendengar

Selanjutnya adalah meningkatkan pendengran si kecil, betul sekali bunda saat bunda atau ayah menceritakan dongeng pada anak tentunya anak akan memperhatikan dan berusaha untuk mendengarkannya. Hal ini pun dapat melatih anak memcahkan suatu masalah dengan cara mendengarkan.

5. Mengambil banyak pelajaran hidup

Masing-masing cerita tentunya memiliki pembelajaran pada setiap pembacanya terlebih lagi buku dongeng anak. Saat para orang tua membacakan dongeng untuk si kecil, mereka akan belajar bagaimana kehidupan manusia sebenarnya dari sanalah mereka mulai dapat mengambil pelajaran hidup. Jadi jangan lupa untuk bunda dan ayah, pastikan memberikan pembelajaran kepada si anak seusai membaca ya.

6. Membentuk minat anak suka membaca

Karena seringnya bunda atau ayah membacakan dongeng kepada si kecil yang kemudian mereka menyukainya, hal itu pun akan meningkatan rasa ingin tahu mereka. Sehingga hal itu dapat meningkatkan rasa ingin tahu mereka terhadap buku atau cerita-cerita lainnya.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk bunda-bunda semua. Jika bunda ingin mensukseskan ASI ekslusif selama 2 tahun bunda dapat konsumsi ASI Booster. Hal itu membantu melancarkan ASI bunda dan meningkatkan kualitas ASI tetap terjaga.

Jika bunda punya masalah ASI kering, puting lecet, dan masalah ASI lainnya bunda bisa konsultasi gratis dengan tim kami, untuk konsultasi langsung klik link berikut ya >> Klik di sini untuk konsultasi masalah asi dengan tim kami.

Baca Juga!

Berdongeng Pada Anak, Ternyata Banyak Manfaatnya Lho!

5 Ide Tema Pesta Ulang Tahun Untuk Si Kecil

Cara Menyusui yang Tepat Bayi Baru Lahir

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password