Artikel Pilihan

Tahukah Bunda Ternyata Kacang Kedelai Banyak Manfaatnya!

ilustrasi kacang kedelai/ Foto: Freepik

 

Siapa yang tidak tahu kacang kedelai?

Bunda pasti sudah sering lihat produk olahan berbahan dasar kacang ini. Mulai dari tempe, tahu, oncom, dan susu kedelai. Nah, kira-kira Bunda sudah tahu belum nutrisi apa saja yang terkandung di dalam kacang kedelai? Untuk itu, simak ulasannya berikut ini!

Tinggi Nutrisi

Protein kedelai adalah salah satu jenis protein nabati yang banyak dikonsumsi orang. Protein kedelai juga sering dijadikan sebagai makanan alternatif bagi orang yang alergi terhadap susu sapi. Berdasarkan review protein kedelai tahun 2003 dalam “Journal of Perinatal Education,” protein dalam kedelai adalah satu-satunya sumber nabati dari delapan asam amino esensial. Selain protein, kedelai juga mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, vitamin, zat besi, dan serat.

Manfaat Kacang Kedelai

  • Sumber energi

Saat menyusui, tubuh menggunakan nutrisi dari makanan yang Bunda makan untuk memproduksi ASI. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk mendapatkan cukup protein, vitamin, dan mineral guna melindungi tubuh dan menjaga kualitas ASI.

Menurut  KidsHealth Yayasan Nemours, selama menyusui, Bunda membutuhkan tambahan energi sekitar 300-500 kalori per hari dengan protein kadar protein sekitar 71 gram. Protein dalam kacang kedelai membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi Bunda. Selain itu, juga menjaga massa otot Bunda.

  • Meningkatkan ASI

Selain baik untuk kesehatan otot, kacang kedelai juga dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI Bunda. Ini karena kedelai mengandung vitamin B6 yang berguna untuk menjaga hormon dalam tubuh dan mencegah anemia. Dengan demikian, produksi ASI akan tetap terjaga.

  • Baik untuk pencernaan

Kacang kedelai adalah makanan yang tinggi akan serat. Serat sangat baik untuk pencernaan loh, Bunda. Serat dapat mencegah diare dan sembelit sehingga aman dikonsumsi.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Banyak orang percaya bahwa kacang kedelai mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh Bunda selama menyusui. Ini karena kedelai mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. 

Menarik ya, Bunda!

Ternyata kacang kedelai yang biasa kita konsumsi memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Jika Bunda alergi terhadap susu sapi, Bunda bisa mengonsumsi olahan kacang kedelai untuk mendapatkan manfaat yang setara. Selain itu, Bunda bisa mengonsumsi ASI booster untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Hal penting yang perlu Bunda ingat juga adalah istirahat yang cukup.

Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link https://busuisehat.com/chat/konsul-bundaku/

Ikuti terus informasi ter-update seputar dunia menyusui hanya di Busuisehat ya, Bunda!

Baca juga yuk Buda!

Nutrisi Penting untuk Bunda Menyusui

Hindari Makanan dan Minuman Ini untuk Menjaga Kualitas ASI

Bunda, Yuk Ketahui Tahapan Inisiasi Menyusui Dini!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password