Artikel Pilihan

Ini Yang Terjadi Jika Bunda Mengonsumsi Almond!

ilustrasi almond/ Foto: Freepik

 

Bunda tahu almond?

Kacang yang berbentuk seperti air mata ini sangat populer loh sejak dahulu!

Selain rasanya yang gurih dan nikmat, kacang ini terkenal akan kandungan dan khasiatnya yang luar biasa bagi tubuh.

Almond Enak dan Bergizi!

Almond kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat, serat, protein, dan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. 

1. Baik untuk kesehatan otak dan otot

Tingginya kadar protein dalam kacang almond bagus untuk ASI Bunda karena dapat meningkatkan kualitas dan kandungan ASI. Protein membantu pertumbuhan dan proses perkembangan otak bayi sehingga bayi Bunda jadi lebih aktif dan sehat. 

Kacang almond juga mampu membangun kekebalan tubuh Bunda secara alami. Makan kacang almond saat menyusui bermanfaat untuk mengatasi ASI macet dan rambut rontok pasca kehamilan dan menyusui. Ini karena kandungan protein dalam almond mampu merawat rambut rontok dan menjaga keseimbangan hormon pasca kehamilan! 

2. Menjaga kesehatan sel tubuh

Mungkin Bunda sudah sering mendengar kalau kacang almond adalah sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Zat antioksidan dalam almond membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Ketika radikal bebas menumpuk, zat berbahaya tersebut dapat menyebabkan stres oksidatif yang mampu merusak DNA Bunda. Selain itu, stres oksidatif dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker. 

Dengan mengonsumsi almond yang tinggi antioksidan dapat membantu tubuh untuk melawan stres oksidatif dan mengurangi risiko penyakit kronis lainnya. Hebat ya kacang almond ini!

3. Kulit sehat

Vitamin E adalah vitamin yang mudah larut dalam lemak. Vitamin ini penting untuk melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas. Selain itu, vitamin E baik untuk kesehatan mata dan kecantikan kulit loh Bunda! Selain itu, almond juga mengandung vitamin B kompleks yang baik untuk stamina tubuh.

4. Mengontrol kadar gula

Karbohidrat dalam kacang almond cukup rendah sehingga aman untuk penderita diabetes. Ini karena dalam kacang almond terdapat zat magnesium. Zat ini terbukti ampuh mengontrol kadar gula dalam darah sehingga aman dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk Bunda saat menyusui.

5. Menurunkan Kolestrol

Kacang almond tinggi akan lemak baik atau HDL. Melansir Healthline, kulit almond kaya akan antioksidan polifenol yang mampu mencegah oksidasi lemak jahat. Selain itu, penelitian Jenkins, dkk (2002) juga menunjukkan bahwa lemak baik dalam kacang almond terbukti mampu menurukan kadar lemak jahat (LDL) penyebab kolestrol sebesar 14%.  Dengan demikian, kacang ini mampu menurunkan risiko penyakit jantung. 

Setelah mengetahui manfaat dan kandungan kacang almond, apakah Bunda tertarik untuk mengonsumsi  almond sebagai menu camilan sehat? 

Untuk camilan sehat, Bunda bisa mengonsumsi 1 genggam kacang almond  atau setara dengan 14 gram per hari. Segenggam almond akan memberikan 6 gram protein, 3,5 gram serat, 75 mg kalsium, dan 13 gram asam lemak baik. 

Jadi, Bunda tidak usah ragu lagi untuk mengonsumsi kacang almond ini!

Apabila Bunda memiliki masalah menyusui seperti ASI seret, puting lecet, dan payudara bengkak, Busuisehat merekomendasikan untuk berkonsultasi bersama tim kami melalui https://busuisehat.com/chat/konsul-bundaku/

Itulah beberapa manfaat kacang almond yang telah Busuisehat rangkum demi Bunda tersayang. Untuk informasi dan tips-tips ASI lainnya, pantau selalu Busuisehat ya! 

Baca juga yuk Bunda!

Ternyata Kekurangan Kalsium Berbahaya Bagi Bunda Menyusui

Pilihan Makanan untuk Meningkatkan Kualitas ASI

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password