fbpx
Artikel Pilihan

4 Faktor Penyebab Bayi Kembung Selama Menyusui, Bunda Harus Tahu

4 Faktor Penyebab Bayi Kembung Selama Menyusui
peyebab bayi kembung/Sumber foto: freepik

 

Bayi kembung adalah permasalahan yang sering Bunda jumpai. Namun, Bunda tidak perlu panik. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan bayi Bunda kembung. 

Yang terbaik bagi Bunda untuk mengetahui penyebab bayi kembung. Tujuannya agar Bunda bisa mencegah dan mengatasi ini secara mandiri di rumah. Dengan begitu, Bunda dapat melakukan beberapa upaya untuk mengobati kembung pada bayi.

Penyebab Bayi Kembung

4 Faktor Penyebab Bayi Kembung Selama Menyusui

Jika bayi Bunda tampak gelisah dan sering menangis, segera cari tahu penyebabnya. Jika perut bayi tampak kembung atau membesar, bisa jadi itu penyebab bayi Bunda rewel.

Ada beberapa kemungkinan penyebab bayi kembung, yaitu: 

1. Sering menangis

Salahs atu penyebab penyebab perut bayi kembung adalah terlalu sering menangis.  Ketika menangis, udara akan tertelan dan terperangkap di tubuh bayi Bunda. 

Pada saat membuka mulut seperti menangis, secara tidak sengaja bayi akan menelan udara. Oleh karena itu, sebaiknya bayi yang sedang menangis segera ditenangkan. Tujuannya untuk menghindari perut kembung”,

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

2. Menyusu yang kurang tepat

Jika posisi selama menyusui tidak benar, dapat menyebabkan udara masuk sehingga perut bayi kembung. Misalnya, posisi pelekatan bayi yang tidak sempurna akan membuat celah antara mulut bayi dengan puting. Sehingga banyak udara masuk dan menyebabkan bayi kembung. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Bunda memperhatikan dengan cermat posisi menyusui yang tepat. 

3. Saluran pencernaan belum matang

Selain beberapa kebiasaan yang sudah disebutkan, ada penyebab lain yang membuat perut bayi kembung. Salah satunya adalah saluran pencernaan yang masih berkembang. Secara anatomi tubuh bayi masih mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Saluran pencernaan yang belum matang secara keseluruhan membuat gas lebih mudah terperangkap dalam tubuh bayi.

4. Masalah pencernaan ringan

Kembung bisa juga menjadi tanda bahwa bayi mengalami gangguan pencernaan, misalnya sembelit. Ketika bayi Anda tidak buang air besar secara teratur maka tinja akan semakin keras dan sulit dikeluarkan. Ini menyebabkan gas terperangkap di usus sehingga menyebabkan bayi kembung. 

Salah satu kondisi kesehatan yang sering menyebabkan kembung pada bayi adalah konstipasi (sembelit)”,

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Itulah beberapa faktor penyebab perut bayi kembung. Untuk menghindari atau mengatasi hal tersebut, Bunda bisa membaca beberapa Cara Mengatasi Bayi Kembung. Jika beberapa cara tersebut tidak berpengaruh pada bayi Bunda, segera periksakan Si Kecil ke dokter.

Selain Si Kecil, Bunda juga berisiko mengalami perut kembung. Terlebih jika Bunda tidak menjaga pola makan sehat. Penuhi kebutuhan tubuh dengan makanan sehat kaya serat dan minum air putih yang cukup agar terhindar dari perut kembung. 

Untuk meningkatkan dan memperlancar ASI, Bunda bisa konsumsi ASI booster. Jika Bunda memiliki kekhawatiran terhadap permasalahan ASI lainnya seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI seret, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com melalui link  https://t.me/BusuiSehat.

Untuk tips dan informasi seputar ibu menyusui, pantau terus Busuisehat ya!

Baca juga yuk Bunda!

Alasan Mengapa Bunda Harus Mengonsumsi Makanan Sehat
Manfaat Telur Bagi Ibu Menyusui Yang Jarang Diketahui

Berbagai Warna ASI Selama Menyusui yang Perlu Bunda Ketahui

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password