Artikel Pilihan

Menstruasi Bikin ASI Kurang Lancar? Ini Penyebabnya Bunda!

ilustrasi menstruasi/ Foto: Freepik

 

Biasanya ketika Bunda menyusui, siklus menstruasi akan berubah. Hal ini dipengaruhi oleh hormon dalam tubuh Bunda, loh. Namun, dalam beberapa kasus ada juga Bunda yang mengalami menstruasi dengan normal, tetapi kadar ASI jadi berkurang. Nah, kira-kira apa penyebabnya ya, Bunda? Untuk informasi lebih lanjut, simak penjelasan berikut yuk!

Hormon dan Menyusui

Faktanya, hormon memiliki fungsi yang sangat banyak bagi tubuh Bunda. Hormon membantu Bunda untuk hamil, menstruasi, kesuburan, dan menyusui. Namun, hormon dapat mengalami perubahan dan ini adalah wajar. 

Kebanyakan menstruasi tidak memengaruhi kulitas ASI. Namun, ada juga Bunda yang mengeluhkan kuantitas ASI-nya menurun selama menstruasi. Ini karena dalam tubuh Bunda terjadi perubahan hormonal. Hal ini wajar kok Bunda, jadi tidak usah khawatir.

Penyebab menurunnya produksi ASI ketika Bunda menstruasi adalah tingginya hormon estrogen dan rendahnya prolaktin. Hormon estrogen dalam tubuh Bunda akan meningkat ketika masa subur hingga menstruasi. Tingginya hormon estrogen akan menekan hormon prolaktin sehingga produksi ASI menurun. Padahal, hormon prolaktin penting dalam membantu produksi ASI. Ketika kadar hormon prolaktin tinggi, kuantitas ASI pun akan meningkat.  

Mengatasi ASI yang Berkurang

Produksi ASI menurun selama menstruasi adalah hal yang wajar. Produksi ASI Bunda akan kembali normal dalam beberapa hari. Dalam beberapa kasus, puting Bunda akan terasa keras dan nyeri sehingga dapat menghambat kelancaran ASI. Untuk mengatasi itu, Bunda bisa melakukan pijat laktasi untuk mengurangi nyeri dan membuat payudara rileks. 

Selain itu, Bunda bisa melakukan beberapa tips agar produksi ASI meningkat saat menstruasi yaitu dengan:

  1. Perbanyak asupan cairan. Disarankan untuk mengonsumsi minimal 3 liter air putih per hari
  2. Pola makan sehat. Makanlah sayur-sayuran, kacang-kacangan, daging, dan buah-buahan yang tinggi zat besi. Hindari makanan tinggi gula dan lemak jahat seperti junk food.
  3. Lakukan pijat laktasi untuk memperlancar ASI
  4. Mengonsumsi suplemen tinggi kalsium. Selama menyusui dan menstuasi, secara alami tubuh Bunda akan kehilangan kalsium. Untuk itu, ada baiknya Bunda mengonsumsi makanan dan suplemen tinggi kalsium. Namun, pastikan suplemen yang Bunda konsumsi aman ya.
  5. Minum ASI booster untuk membantu meningkatkan produksi ASI.

Untuk informasi dan tips-tips menarik lainnya, pantau terus Busuisehat ya, Bunda. Selain itu, Bunda juga bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com melalui link  https://busuisehat.com/chat/konsul-bundaku/

Baca juga yuk Bunda!

Bunda Harus Coba, Pijat Laktasi Ini Untuk Memperlancar ASI

 Yuk Cegah Anemia Saat Menyusui Bunda!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password