Artikel Pilihan

Lakukan Langkah-Langkah Pijat Laktasi Agar ASI Bunda Lancar

ilustrasi bayi/ Foto: Freepik

 

Bunda tentu ingin memberikan nutrisi terbaik untuk tumbuh dan kembang buah hati. Nah, salah satunya adalah dengan tercukupinya asupan ASI untuk Si Bayi. Bagi Bunda menyusui, suplai ASI adalah hal dasar yang selalu jadi fokus perhatian. Tanpa ASI, bayi Bunda tidak bisa mendapatkan nutrisi dengan maksimal.

Namun, tidak semua Bunda dapat menyusui dengan mudah. Ketika menyusui, Bunda sering dihadapkan beberapa masalah seperti payudara bengkak, saluran susu yang tersumbat, suplai ASI yang kurang, dan masalah pelekatan atau posisi bayi ketika menyusui. 

Sayangnya, semua masalah tersebut tidak bisa hilang dalam sekejap ya, Bunda. Butuh perjuangan lebih agar menghasilkan ASI yang cukup dan berkualitas bagi Si Kecil. Salah satu trik yang bisa Bunda lakukan untuk menanggulangi gangguan menyusui adalah pijat laktasi. 

Apa Itu Pijat Laktasi?

Pijat laktasi adalah aktivitas memijat yang dikhususkan untuk ibu menyusui. Pijat laktasi memang difokuskan pada area payudara ibu menyusui. Tujuannya adalah untuk mengatasi masalah Bunda yang berkaitan dengan produksi ASI, mulai dari ASI tidak lancar sampai Bunda yang tidak mengeluarkan ASI sama sekali.

Manfaat Pijat Laktasi

Pijat laktasi memiliki manfaat yang bagus untuk Bunda menyusui loh karena melancarkan sirkulasi darah. Sirkulasi yang lancar sangat baik bagi ibu menyusui karena akan menghasilkan oksitosin dan hormon yang menghambat stres. Hal ini membantu merangsang aliran darah ke kelenjar susu sehingga meningkatkan dan melancarkan produksi ASI Bunda. 

Beberapa manfaat pijat laktasi lainnya yang bisa Bunda rasakan adalah:

  • Membantu Bunda mencegah dan mengobati masalah payudara seperti pembengkakan, saluran susu yang tersumbat, mastitis, dan infeksi pada jaringan payudara.
  • Merawat payudara
  • Membuat Bunda jadi lebih rileks

Langkah-Langkah Pijat Laktasi

Melakukan pijat laktasi tidak perlu repot kok, Bun. Bunda bisa melakukan pijat laktasi di rumah secara mandiri. Adapun langkah-langkah yang bisa Bunda lakukan sebagai berikut.

1. Sebelum melakukan pijat, Bunda harus menyiapkan beberapa alat yang dibutuhkan seperti handuk, air hangat, dan minyak esensial. 

2. Setelah itu, jangan lupa Bunda untuk mencuci tangan terlebih dahulu ya sebelum melakukan pijat.

3. Bersihkan payudara Bunda dari kotoran yang menempel. Bunda bisa membersihkannya dengan handuk yang telah dibasahi air hangat. Setelah itu, Bunda bisa lakukan pemijatan di area payudara.

4. Oleskan minyak esensial di kedua telapak tangan, lalu pijat bagian leher, pundak, dan sekitar area ketiak secara perlahan.

5. Lanjutkan pijatan ke daerah payudara dengan teknik butterfly. Lakukan pijatan di area sekitar payudara dengan gerakan melingkar sebanyak 5 hingga 20 kali. Lakukan dengan perlahan ya, Bun.

6. Setelah itu, tekan bagian atas payudara Bunda dengan gerakan memutar selama 5 menit (finger circle).

7. Selanjutnya, tekan payudara dari pangkal hingga ke ujung puting menggunakan dua tangan. Lakukan pijatan ini di kedua sisi payudara kiri dan kanan (diamond).

8. Tahap selanjutnya, tekan seluruh areola (dekat puting) selama beberapa detik (akupresure point). Lakukan hal yang sama pada payudara lainnya.

9. Tahap selanjutnya lakukan gerakan memerah susu selama beberapa menit.

10. Jika sudah, keringkan payudara Bunda dengan handuk kering.

Hal yang harus Bunda perhatikan selama melakukan pijat laktasi ada untuk tetap rileks. Sebab akan memengaruhi hasil dari pijat laktasi. Selain itu, Bunda harus melakukan pijatan senyaman mungkin. Jangan sampai terlalu keras apalagi meninggalkan bekas di payudara karena dapat mengakibatkan kerusakan jaringan atau saluran susu. 

Untuk penjelasan lebih lanjut, Bunda dapat melihat cuplikan video berikut mengenai Pijat Laktasi yang Baik dan Aman.

Terapi pijat laktasi ini harus diimbangi dengan pola hidup sehat ya, Bun. Hindari rokok dan minuman beralkohol. Bunda juga harus tidur yang cukup. 

Jika Bunda mengalami masalah dalam menyusui Si Kecil,  padahal sudah banyak mengonsumsi ASI booster lain dan tetap tidak berpengaruh. Bunda bisa melakukan konsultasi dengan tim busuisehat.com dengan klik link https://busuisehat.com/chat/konsul-bundaku/

Selain itu, jangan sampai ketinggalan informasi dan tips-tips menarik seputar ASI dan anak yang bisa Bunda ikuti di Busuisehat!

Baca juga yuk!

Agar ASI Tetap Berlimpah, Begini Cara Memerah ASI Yang Benar Bunda

Bunda Harus Coba, Pijat Laktasi Ini Untuk Memperlancar ASI

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password