Artikel Pilihan

Ketahui 5 Manfaat Mengonsumsi Buah Stroberi Saat Berbuka Puasa Bagi Ibu Menyusui

resep overnight enak
manfaat stroberi bagi ibu menyusui/ Sumber foto: freepik

Stroberi adalah buah yang memiliki rasa manis cenderung asam. Selain enak, stroberi memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan Bunda selama berpuasa. 

Ingin tahu apa saja manfaat mengonsumsi stroberi?

Simak ini yuk Bunda!

Kandungan Nutrisi Buah Stroberi

Stroberi adalah makanan rendah glikemik dan rendah lemak. Rasanya yang cenderung asam dan manis membuat buah ini digemari banyak orang. Rasa segar pada buah ini cocok dijadikan sebagai hidangan cuci mulut saat berbuka puasa.

Selain enak, dalam satu cangkir buah stroberi mengandung banyak manfaat dan rendah kalori. Dalam 100 gram stroberi mengandung 91% air dan menyumbang 91 kalori dengan nutrisi:

  • Serat 2 gram
  • Gula 4,89 gram
  • Lemak 0,3 gram
  • Protein 0,67 gram
  • Karbohidrat 7,68 gram
  • Vitamin (C, B9, B6, K, dan E)
  • Mineral (magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, dan copper)

Manfaat Stroberi Bagi Ibu Menyusui yang Berpuasamanfaat stroberi bagi ibu menyusui

1. Pencegahan kanker

Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali. Pembentukan dan perkembangan kanker berkaitan dengan stres oksidatif dan peradangan kronis. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa buah stroberi dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Stroberi mengandung asam ellagic dan ellagitannin, yang telah terbukti dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker.

2. Menghidrasi tubuh

Buah stroberi kaya akan kandungan air. Mengonsumsi buah stroberi menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan dan menjaga kadar air dalam tubuh selama berpuasa. Secangkir buah stroberi dapat membantu menjaga kadar air dalam tubuh Anda. Ini karena 91% kandungan stroberi adalah air. Bunda bisa konsumsi buah saat sahur dan berbuka puasa.

3. Menjaga tekanan darah

Stroberi dapat memperlambat pencernaan glukosa dan mengurangi menjaga kadar gula darah. Dengan demikian, buah stroberi sangat berguna untuk mencegah sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

4. Kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling umum di seluruh dunia. Menurut penelitian Basu (2010) menunjukkan bahwa stroberi terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung. Ini karena stroberi kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL). 

5. Mencegah osteoporosis

Buah stroberi mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk pembentukan dan memelihara kesehatan tulang dan gigi. Sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa stroberi efektif melindungi kesehatan tulang dan sendi. Bagi penderita osteoarthritis dan nyeri lutut, stroberi dapat membantu mengurangi nyeri dan bengkak serta meningkatkan kualitas hidup. 

Selain itu, Bunda bisa kombinasikan buah stroberi ini dengan susu ASI booster. Selain enak untuk berbuka puasa, ramuan stroberi dan ASI booster dapat menjaga kesehatan, menjaga produksi dan kualitas ASI Bunda selama berpuasa. Dengan begitu, kebutuhan ASI anak Bunda akan terpenuhi dan Si Kecil dapat tumbuh dengan optimal!

Itulah informasi seputar manfaat buah stroberi untuk Bunda. Jika Bunda memiliki permasalahan seputar ASI seperti puting lecet, ASI mampet, dan seret, silakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga informasi menarik lainnya yuk Bunda!

Ketahui Makanan Yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil Saat Berpuasa

5 Manfaat Konsumsi Timun Suri Bagi Kesehatan Selama Berpuasa

Manfaat Mengonsumsi Blewah Saat Berbuka Puasa Bagi Ibu Menyusui

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password