Artikel Pilihan

Manfaat Mengonsumsi Blewah Saat Berbuka Puasa Bagi Ibu Menyusui

manfaat buah blewah untuk ibu menyusui/ Sumber foto: freepik

Siapa yang tidak kenal dengan buah blewah?

Buah ini jadi makanan yang sering disajikan untuk berbuka puasa. Blewah mengandung banyak air dan memiliki rasa yang manis sehingga nikmat dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain rasanya yang enak, ternyata buah blewah menyimpan banyak manfaat untuk ibu menyusui yang sedang berpuasa. 

Ingin tahu apa saja manfaat konsumsi buah blewah? Simak ini Bunda!

Kandungan Nutrisi Buah Blewah

Blewah mengandung berbagai mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh Bunda:

  • Vitamin A, B, C, dan E
  • Selenium
  • Beta karoten
  • Lutein
  • Zeaxanthin
  • Kolin
  • Folat
  • Seng
  • Zat besi

Berbagai Manfaat Buah Blewah untuk Ibu Menyusui

manfaat buah blewah untuk ibu menyusui

Berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah blewah sangat baik untuk kesehatan tubuh Bunda, apalagi jika Bunda sedang menyusui dan berpuasa. 

1. Menghidrasi tubuh

Buah blewah kaya akan kandungan air dan elektrolit yang tinggi seperti natrium, kalium, kalsium, dan magnesium. Mengonsumsi blewah menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan dan menjaga kadar air dalam tubuh selama berpuasa. Secangkir buah blewah seberat 177 gram berisi 160 gram air. Untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kadar air tubuh, Bunda bisa konsumsi 1 gelas buah blewah saat berbuka puasa.

2. Menjaga kesehatan kulit dan rambut 

Vitamin A dalam buah blewah berkontribusi pada pertumbuhan dan pemeliharaan semua jaringan di tubuh, termasuk yang kulit dan rambut. Selain itu, vitamin C dalam blewah dapat membantu tubuh memproduksi kolagen, yang baik untuk menjaga dan memperbaiki struktur pada sel, kulit, dan rambut.

Penelitian Almohanna (2019) menemukan bahwa berbagai mineral dan vitamin dapat berperan dalam meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Vitamin A, C, E, folat, dan zat besi sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut Bunda.

3. Menjaga kesehatan jantung 

Sifat antikoagulan dalam blewah menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan gumpalan darah. Kalium dalam blewah juga membantu menyalurkan oksigen oksigen ke jantung serta mengatur keseimbangan air tubuh. Dengan demikian, konsumsi blewah dapat mencegah penyakit stroke dan penyakit jantung koroner.

4. Kesehatan pencernaan

Konsumsi buah blewah saat berbuka puasa dapat mencegah gangguan pencernaan. Kandungan serat makanan yang tinggi pada blewah dapat meningkatkan pergerakan usus. Dengan begitu sistem pencernaan Bunda akan lancar dan menurunkan risiko kanker kolorektal.

5. Tingkatkan energi

Buah blewah mengandung cukup banyak energi yang dapat membuat tubuh Bunda segar. Dalam semangkok buah blewah memberikan 183 kalori yang baik untuk kesehatan karena rendah lemak. Selain itu, kandungan airnya juga banyak sehingga dapat menyegarkan tubuh Bunda setelah berpuasa seharian. 

Selain itu, Bunda bisa kombinasikan buah blewah ini dengan susu ASI booster. Selain enak untuk berbuka puasa, ramuan blewah dan ASI booster dapat menjaga produksi dan kualitas ASI Bunda selama berpuasa. Dengan begitu, kebutuhan ASI anak Bunda akan terpenuhi dan Si Kecil dapat tumbuh dengan optimal!

Itulah informasi seputar manfaat buah blewah untuk Bunda. Jika Bunda memiliki permasalahan seputar ASI seperti puting lecet, ASI mampet, dan seret, silakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga informasi menarik lainnya yuk Bunda!

Pentingnya Memenuhi Asupan Omega 3 Selama Kehamilan
Amankah Puasa Bagi Ibu Hamil? Simak Informasi Ini Bunda!

Kacang Arab: Menu Takjil Yang Kaya Manfaat Untuk Ibu Hamil

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password