Artikel Pilihan

5 Manfaat Konsumsi Timun Suri Bagi Kesehatan Selama Berpuasa

manfaat timun suri
 manfaat timun suri untuk kesehatan/sumber foto: freepik

Siapa yang tidak tahu timun suri?

Iya, timun suri identik dengan kulit berwarna kuning keemasan ini sering dijumpai saat bulan puasa. Buah ini sering diolah menjadi minuman segar pelepas dahaga saat berbuka puasa. Dagingnya putih dan lembut sehingga cocok dijadikan bahan campuran untuk es campur.

Tapi, tahukah Bunda, ternyata di balik rasa dan teksturnya yang unik, timun suri bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terlebih selama menjalankan puasa. Mau tahu apa saja manfaatnya? Simak informasi berikut ini yuk Bunda!

Timun Suri Kaya Akan Nutrisi

Timun suri mengandung banyak vitamin A dan C yang bersifat sebagai antioksidan. Selain itu, timun suri juga mengandung vitamin B5 dan vitamin K yang baik untuk Kesehatan jaringan tubuh dan kulit.

Selain vitamin, timun suri juga kaya akan mineral seperti potasium, kalsium, fosfor, dan zat besi. Selain itu, timun suri mengandung banyak air, rendah gula, dan rendah kalori jika dibandingkan buah-buahan lain. Satu cangkir timun suri menyediakan 20 kalori. 

Manfaat Timun Suri

manfaat timun suri

1. Menghidrasi tubuh

Timun suri kaya akan air yang baik untuk tubuh. Dengan konsumsi timun suri dapat menambah asupan air yang dibutuhkan tubuh Anda sehingga tubuh tetap terhidrasi.

2. Mencegah penyakit kronis 

Antioksidan adalah zat yang membantu mencegah dan menunda kerusakan sel akibat stres oksidatif akibat radikal bebas. Dalam timun suri terdapat antioksidan yang baik menjaga sel tubuh Bunda agar terhindar dari penyakit kronis sepertI: 

  • kanker
  • diabetes
  • penyakit jantung
  • alzheimer
  • degenerasi mata

3. Menurunkan tekanan darah

Salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi adalah memiliki terlalu banyak mengonsumsi garam (natrium) dan terlalu sedikit kalium dalam makanan. Kelebihan garam menyebabkan tubuh menahan cairan sehingga meningkatkan tekanan darah. Timun suri mengandung potasium yang baik untuk menurunkan tekanan darah.

4. Baik untuk kesehatan kulit

Timun suri tinggi kandungan air, vitamin B5 yang ampuh untuk mengobati jerawat dan elastisitas kulit. Mengonsumsi asatu cangkir timun suri dapat memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Timun suri kaya akan vitamin K. Vitamin K dibutuhkan untuk membentuk protein yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga Kesehatan tulang. Selain itu, vitamin K juga membantu penyerapan kalsium.

Dengan mengonsumsi timun suri selama berpuasa dapat menjaga kesehatan tubuh Bunda dan memenuhi kebutuhan antioksidan. Jika Bunda sedang memberikan ASI eksklusif, Bunda bisa kombinasikan timun suri dengan ASI booster. Selain enak dan mengenyangkan, kualitas dan kuantitas ASI Bunda juga meningkat. Dengan begitu, kebutuhan ASI anak Bunda akan terpenuhi dan Si Kecil dapat tumbuh dengan optimal!

Itulah informasi seputar madu yang perlu Bunda ketahui. Jika Bunda memiliki permasalahan seputar ASI seperti puting lecet, ASI mampet, dan seret, silakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga informasi menarik lainnya yuk Bunda!

Ini 8 Manfaat Konsumsi Kurma Selama Masa Kehamilan

Amankah Konsumsi Air Kelapa Bagi Bunda Menyusui?

Kacang Arab: Menu Takjil Yang Kaya Manfaat Untuk Ibu Hamil

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password