fbpx
Artikel Pilihan

ASI Booster Alami Untuk Ibu Menyusui Selama Berpuasa

asi booster alami
asi booster alami/ Sumber foto: freepik

Apakah selama berpuasa, produksi ASI Bunda jadi berkurang?

Jika iya, jangan dibiarkan Bunda. Laktasi yang buruk dapat menyebabkan gangguan nutrisi untuk Si Kecil. Untuk mengatasi produksi ASI yang berkurang selama berpuasa, Bunda bisa konsumsi makanan berikut ini. Dengan begitu, suplai ASI dapat terjaga agar kebutuhan Si Kecil terpenuhi dan kesehatan Bunda juga terjaga.

1. Air putih

asi booster alami untuk ibu menyusui selama ramadhan

Sekitar 90% ASI mengandung air. Untuk meningkatkan produksi ASI dan menjaga cairan tubuh selama berpuasa, konsumsi air putih minimal 2 liter per hari. Dengan begitu, tubuh dapat menjaga cairan tubuh agar tidak dehidrasi dan produksi ASI juga meningkat.

2. Wortel

asi booster alami untuk ibu menyusui selama ramadhan

Jus wortel adalah salah satu jus terbaik yang direkomendasikan untuk ibu menyusui. Wortel kaya vitamin A, beta-karoten, dan fitoestrogen yang dapat meningkatkan suplai ASI. Selain itu, kandungan vitamin A dapat menjaga metabolisme tubuh dan memberikan energi ekstra untuk ibu menyusui selama berpuasa.

3. Almond

asi booster alami untuk ibu menyusui selama ramadhan

Almond adalah gudang nutrisi penting seperti Vitamin E, Vitamin B2, B3, dan B1. Selain itu, almond juga merupakan sumber mineral seperti magnesium, tembaga, fosfor, kalsium, besi, dan seng. Dengan memasukkan almond ke dalam menu sahur dan berbuka puasa, Bunda dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI secara efektif.

4. Aprikot

asi booster alami untuk ibu menyusui selama ramadhan

Jika Bunda sedang menyusui, Bunda bisa mengonsumsi beberapa buah aprikot ke dalam menu sahur dan berbuka puasa. Aprikot adalah sumber makanan yang kaya vitamin C, A, kalsium, dan kalium. Aprikot juga mengandung fitoestrogen yang membantu mengatur hormon penghasil susu dan meningkatkan laktasi.

5. Oatmeal

asi booster alami untuk ibu menyusui selama ramadhan

Oat penuh nutrisi karena kaya mengandung protein, vitamin, dan mineral. Oatmeal tinggi zat besi, seng, mangan, dan kalsium. Oatmeal kaya akan serat larut yang sangat baik. Selain itu, oat mengandung saponin, zat yang memiliki efek positif pada hormon yang berhubungan dengan produksi ASI.

6. Jahe

asi booster alami untuk ibu menyusui selama ramadhan 6

Jahe dipercaya bisa membantu Bunda sembuh dari persalinan. Selain itu, jahe diangap sebagai galactogen yang dapat merangsang produksi susu.

7. Pepaya

Pepaya adalah makanan super yang dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI Bunda. Ini karena asupan pepaya dapat meningkatkan produksi hormon oksitosin dalam tubuh sehingga meningkatkan aliran ASI.

Untuk mendapatkan khasiat luar biasa, Bunda bisa kombinasikan makanan tersebut dengan susu ASI booster saat sahur maupun berbuka. Selain enak untuk, makanan ini dapat menjaga kesehatan, menjaga produksi ASI, dan kualitas ASI Bunda selama berpuasa. Dengan begitu, kebutuhan ASI anak Bunda akan terpenuhi dan Si Kecil dapat tumbuh dengan optimal!

Itulah informasi seputar ASI booster alami yang bisa Bunda konsumsi selama berpuasa. Jika Bunda memiliki permasalahan seputar ASI seperti puting lecet, ASI mampet, dan seret, silakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Mau tahu informasi mengenai tips puasa dan informasi menarik lainnya? Baca juga informasi ini yuk Bunda!

Baca juga informasi ini yuk Bunda!

7 Makanan Sahur yang Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui Selama Berpuasa

Bahaya Mengonsumsi Soda Saat Buka Puasa Yang Jarang Diketahui

Cara Mencegah Anemia Selama Berpuasa, Bunda yang Masih Menyusui Harus Baca Ini!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password