Artikel Pilihan

Penuhi Kebutuhan Kalsium Demi Kesehatan Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

kalsium untuk kesehatan bayi
kalsium untuk kesehatan bayi/ Sumber foto: freepik

Kalsium adalah mineral yang sangat dibutuhkan bagi tubuh. Kalsium memiliki banyak manfaat untuk menjaga dan meningkatkan kekuatan serta kepadatan tulang. Tanpa kalsium, tulang akan rapuh dan akan berdampak negatif bagi tubuh loh, Bunda.

Selama pertumbuhan dan perkembangannya, bayi membutuhkan kalsium. Kekurangan kalsium akan meingkatkan risiko stunting pada anak. Tubuh Si Kecil tidak dapat tumbuh tinggi seusia anaknya, selain itu kesehatan giginya juga akan berkurang. Untuk itu, yuk pastikan asupan kalsium anak Bunda terpenuhi!

Manfaat Kalsium Untuk Kesehatan Bayi

1. Pembentukan tulang

Saat masih bayi, tulang belum tumbuh dengan sempurna. Untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang, kalsium adalah jawabannya.

Anak Bunda harus mengonsumsi makanan yang kaya kalsium untuk tulang yang kuat. Ini juga membantu dalam pembentukan tulang dan perubahan struktur tulang selama anak Bunda dalam tahap tumbuh kembang (batita, balita, anak, remaja, hingga dewasa).

2. Gigi dan tulang yang kuat

Sekitar 99% kalsium yang ada di tubuh dapat ditemukan di gigi dan tulang. Bayi  membutuhkan kalsium untuk  pertumbuh gigi dan tulang yang sehat. Bunda tidak perlu memberikan tablet atau suplemen kalsium kecuali jika direkomendasikan oleh dokter. Bunda bisa memenuhi asupan kalsium dengan memberikan makanan yang kaya kalsium dan ASI yang cukup. 

3. Baik untuk metabolisme, darah, dan otot tubuh

Selain fungsi vital tersebut, kalsium juga penting untuk menjaga kesehatan otot. Dalam metabolisme tubuh, kalsium bertindak sebagai agen pengaktif enzim metabolik dan membantu pembentukan bekuan darah. Selain itu, kalsium mencegah bayi dari penyakit seperti osteoporosis, penyakit ginjal dan deformasi tulang (rakhitis) yang terjadi karena kekurangan kalsium dan vitamin D.

Kebutuhan Kalsium Anak

kalsium untuk kesehatan bayi

Menurut rekomendasi WHO, kalsium diperlukan dalam jumlah berikut pada kelompok usia yang berbeda. Sebaiknya Bunda perhatikan kebutuhan kalsium Si Kecil agar asupan hariannya terpenuhi.

  • 0 sampai 6 bulan → 300 mg / hari
  • 7 sampai 12 bulan → 450 mg / hari
  • 1 sampai 3 tahun → 500 mg / hari
  • 4 sampai 6 tahun → 550 mg / hari
  • 7 sampai 9 tahun → 700 mg / hari
  • 9 sampai 18 tahun → 1000 mg / hari

Itulah informasi seputar kebutuhan dan asupan kalsium untuk anak Bunda. Penuhi asupan kalsium harian Si Kecil agar kesehatan anak terjaga dan terhindar dari risiko stunting. Berikan Si Kecil menu MPASI yang bergizi dan bervariasi agar asupan kalsium anak terpenuhi. Selain itu, tetap berikan ASI untuk Si Kecil ya Bunda karena ASI tinggi akan kalsium dan protein yang dibutuhkan tubuh bayi.

Agar suplai ASI anak terpenuhi, Bunda bisa mengonsumsi ASI booster agar kualitas dan kuantitas ASI baik.  Jika Bunda memiliki permasahan menyusui seperti puting lecet, ASI seret. dan payudara bengkak, silakan berkonsultasi dengan tim Busuisehat melalui link https://t.me/BusuiSehat.

Jaga selalu kesehatan agar Bunda dan Si Kecil terus bahagia!

Baca juga informasi ini yuk Bunda!

Ini 5 Manfaat Ajaib Sayur Bit Untuk Ibu Menyusui, Bunda Wajib Tahu!

Bunda Harus Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Milk Blister Saat Menyusui

Menstruasi Bunda Tidak Teratur Selama Menyusui? Ini Penyebabnya!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password