IMD

Yuk Ketahui Cara Mengatasi Payudara Bengkak Saat Menyusui

ilustrasi payudara/ Foto: Freepik

Bunda pasti sering mengalami berbagai masalah ketika menyusui. Misalnya saja, puting yang lecet, ASI seret, hingga payudara nyeri dan bengkak. Hal ini tentu menimbulkan rasa yang enggak nyaman untuk para Bunda. Jika kondisi ini dibiarkan, bisa mengganggu proses menyusui Bunda, loh. 

Bunda, Apakah Normal Payudara Bengkak Ketika Menyusui?

Payudara bengkak ketika menyusui adalah hal yang wajar kok, Bun. Jadi, Bunda enggak perlu khawatir, ya. Kasus ini bahkan sering terjadi pada ibu yang baru saja melahirkan sehingga menimbulkan rasa sakit pada payudara dan kesulitan menyusui. Hal serupa juga dijelaskan oleh Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE melalui Busuisehat.

“Ketika volume ASI bertambah, payudara akan menjadi lebih besar, berat, dan hangat. Biasanya terjadi pada hari ke-2 hingga ke-6 setelah melahirkan. Hal ini tentu membuat ibu merasa tidak nyaman. Namun, kondisi ini normal terjadi.”

Sebelum terjadi pembengkakan payudara, Bunda dapat merasakan gejala-gejala tertentu, seperti:

1. Payudara terasa keras dan kulit lebih mengilat

2. Kulit payudara terasa kencang seperti ditarik dan berdenyut

3. Areola mengeras dan melebar

4. Diameter puting lebih besar, kencang, dan datar

5. Demam ringan sekitar 38, 3 derajat celsius

Tahapan Pembengkakan Payudara

Ada beberapa penyebab payudara Bunda bisa membengkak ketika menyusui misalnya peningkatan aliran darah dan peningkatan ASI pada payudara. Jika hal ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan meningkatkan rasa nyeri pada payudara Bunda, loh

Pembengkakan pada payudara pada Bunda terjadi dalam beberapa tahap, yaitu:

  • Payudara lembut

Payudara Bunda terasa lembut dan tidak mengalami pembengkakan. Selain itu, aliran ASI Bunda juga cenderung lancar.

  • Payudara kencang dan tidak nyeri

Pada tahap ini, payudara Bunda akan terasa kencang namun tidak nyeri. ASI juga mengalir dengan lancar.

  • Payudara kencang dan perih

Pada tahap ini, payudara terasa lebih kencang dari sebelumnya dan disertai sensasi perih. Aliran ASI juga melambat akibat sumbatan atau gangguan pada kelenjar susu. 

  • Payudara keras dan nyeri

Payudara Bunda akan terasa lebih keras daripada sebelumnya. Bunda, juga mengalami rasa nyeri luar biasa pada payudara yang menjalar hingga bagian bawah ketiak. Aliran ASI lambat, bahkan beberapa kasus ASI terhenti.

Cara Mengatasi Payudara Bengkak Saat Menyusui

Hal yang perlu Bunda perhatikan adalah untuk segera mengobati payudara ketika mengalami pembengkakan. Jika tidak diobati dengan segera akan berpotensi penyakit mastitis, loh. Untuk itu, ikuti tips-tips berikut yuk Bunda untuk mengatasi payudara bengkak saat menyusui.

  • Keluarkan ASI untuk mengurangi rasa tidak nyaman 

Payudara yang terlalu penuh dengan ASI akan meningkatkan tekanan sehingga payudara Bunda membengkak. Untuk itu, pijat payudara Bunda atau pompa menggunakan alat untuk mengeluarkan sedikit ASI sehingga mengurangi tekanan pada payudara, Bunda.

  • Kompres payudara Bunda

Bunda dapat mengompres payudara dengan air hangat maupun dingin. Jika Bunda ingin melancarkan ASI, gunakanlah kompres hangat agar pengosongan payudara Bunda berjalan cepat. Namun, jika Bunda ingin mengurangi rasa sakit dan keras pada payudara gunakanlah kompres dingin.

  • Posisi menyusui

Untuk mengurangi rasa sakit payudara, Bunda bisa mengubah posisi menyusui yang benar. Tujuannya untuk menghindari terjadinya penyumbatan pada kelenjar dan aliran susu pada payudara sehingga rasa sakit akan berkurang.

Mengatasi payudara bengkak saat menyusui memang enggak mudah ya, Bunda. Apalagi kalau pembengkakan ini sampai memengaruhi kualitas dan produksi ASI Bunda. Hal ini pasti akan berpengaruh pada nutrisi yang didapatkan Si Kecil. 

Untuk mencegah hal itu, Bunda dapat mengonsumsi produk yang mampu meningkatkan produksi dan kualitas ASI seperti ASI booster

Jika Bunda mengalami masalah dalam menyusui Si Kecil,  padahal sudah banyak mengonsumsi ASI booster lain dan tetap tidak berpengaruh. Bunda bisa melakukan konsultasi dengan tim busuisehat.com dengan klik link https://busuisehat.com/chat/konsul-bundaku/

Baca juga yuk Bunda!

Konsumsi Ikan Bikin ASI Bunda Amis, Mitos atau Fakta?

Tips Sukses Memperbanyak ASI Melalui Teknik Power Pumping, Perhatikan Jadwalnya

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password