Artikel Pilihan

7 Perubahan Tubuh Di Usia Kehamilan Trisemester Ketiga, Bunda Wajib Tahu!

perubahan tubuh saat hamil trisemester ketiga
perubahan tubuh saat hamil/ Sumber foto: freepik

Saat usia kehamilan menginjak trisemester ketiga, bayi tumbuh lebih besar dan lebih kuat. Selain itu, perut Bunda juga semakin membesar. Masa trisemester ketiga adalah kondisi yang sangat melelahkan. Ini karena tubuh bayi semakin besar sehingga Bunda akan mengalami kesulitan bergerak. 

Kira-kira perubahan apalagi yang terjadi pada tubuh Bunda di trisemester ketiga kehamilan ya? 

Simak informasi berikut ini yuk!

Perubahan Tubuh Saat Hamil

perubahan tubuh saat hamil trisemester ketiga

Selama hamil, Bunda pasti mengalami perubahan pada tubuh. Berikut ini adalah perubahan tubuh yang biasa Bunda rasakan selama masa kehamilan.

1. Sakit perut

Bayi membutuhkan lebih banyak ruang di perut saat tubuhnya semakin besar. Ini dapat menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman pada perut Bunda. Bunda mungkin merasa sulit untuk menemukan posisi tidur yang nyaman saat perut membesar bahkan sulit untuk menarik napas dalam-dalam karena organ tubuh tertekan bayi.

2. Sakit punggung

Berat badan yang bertambah dapat menimbulkan tekanan pada punggung Bunda. Ini alasan mengapa Bunda sering pegal-pegal saat hamil. Untuk mengurangi rasa sakit pada punggung selama hamil, Bunda bisa melakukan perengangan tubuh untuk mengendurkan otot punggung. 

3. Payudara membesar

Di akhir kehamilan, payudara Bunda akan semakin membesar. Ini menandakan kelenjar susu pada payudara mulai aktif dan akan mengeluarkan ASI saat bayi terlahir. Mendekati tanggal melahirkan, Bunda mungkin mulai melihat cairan kekuningan keluar dari puting. Ini adalah kolostrum dan akan sangat baik untuk bayi yang baru lahir. 

4. Sering buang air kecil

Saat kehamilan Bunda mendekati 9 bulan, tubuh bayi akan tumbuh semakin besar dan posisi kepala bayi berada di bawah. Posisi bayi ini dapat menekan kandung kemih sehingga Bunda jadi sering buang air kecil. 

5. Stretch mark

Akibat pertambahan berat badan dan kulit yang tertarik selama kehamilan, timbul strech mark. Hal ini wajar ya Bunda dan tidak perlu dikhawatirkan sama sekali. Tanda ini biasanya muncul di payudara, pantat, perut, atau paha. 

6. Sesak napas

Selama kehamilan bayi akan tumbuh dan membesar hingga tepat di bawah tulang rusuk Bunda. Sehingga memberikan tekanan pada tulang dan paru-paru. Ini yang menyebabkan sesak selama kehamilan. Untuk mengatasi ini, Bunda bisa berolahraga ringan seperti melakukan peregangan dan yoga agar napas tidak sesak. 

7. Varises

Selama hamil, sirkulasi darah meningkat untuk mengirim darah ekstra ke bayi yang sedang tumbuh. Aliran darah berlebih itu dapat menyebabkan pembuluh darah merah kecil muncul di kulit. Tekanan dari bayi yang sedang tumbuh juga dapat menyebabkan varises. Hal ini wajar dan akan berkurang saat Bunda melahirkan. 

Itulah informasi seputar perubahan tubuh Bunda selama hamil di trisemester ketiga. Meskipun lelah, Bunda pasti senang karena di dalam perut ada anak yang tumbuh dan berkembang. Selama masa ini, sebaiknya Bunda menjaga kesehatan, mempersiapkan seluruh perlengkapan bayi, dan ASI. 

Sebelum bayi lahir, Bunda bisa konsumsi ASI booster untuk memastikan ASI lancar pasca persalinan agar anak mendapatkan ASI yang cukup. Jika Bunda memiliki permasalahan ASI setelah melahirkan seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI seret, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com melalui link  https://t.me/BusuiSehat.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya Bunda!

Perhatikan Tahap Perkembangan Janin Di Usia Kehamilan Trisemester Kedua

Kehamilan Trisemester 3: Pertumbuhan dan Perkembangan Janin Yang Harus Bunda Ketahui!

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Diare Pada Bayi Bunda

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password