fbpx
Artikel Pilihan

Kehamilan Trisemester 3: Pertumbuhan dan Perkembangan Janin Yang Harus Bunda Ketahui!

perkembangan janin
perkembangan janin/ Sumber foto: freepik

Jika usia kandungan Bunda sudah berusia 8 bulan, selamat! Sebentar lagi Bunda akan bertemu bayi yang ditunggu kedatangannya. Usia kehamilan 7 hingga 9 bulan adalah tirsemester 3 akhir dari masa kehamilan. Terlebih kondisi hamil sangat menantang ya, Bunda. 

Tahukah Bunda, kalau selama di dalam kandungan, bayi Bunda selalu mengalami perkembangan loh! Berikut hal yang harus Bunda ketahui mengenai perkembangan janin di trisemester akhir masa kehamilan!

Perkembangan Janin Di Trisemester Ketiga

kehamilan trisemester ketiga

Selama dalam kandungan, bayi mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Di semester ketiga kehamilan, tubuh bayi sudah terbentuk dengan sempurna dan dapat melakukan gerakan seperti menendang. Itulah alasan kenapa perut Bunda sering berkedut. Nah, selain itu ada perkembangan lainnya yang sangat mengesankan dan Bunda harus tahu! 

  • Minggu 28 → Saat usia kandungan Bunda 28 minggu, kelopak mata bayi sudah dapat terbuka, dan bulu mata telah terbentuk. Sistem saraf pusat pada bayi juga dapat berfungsi dengan baik mengatur pernapasan dan suhu tubuh.  Ukuran bayi Bunda sekitar 10 inci (250 mm) dengan berat 1.000 gram. 
  • Minggu 29 → Saat usia kehamilan Bunda menginjak 29 minggu, bayi dapat menendang dan meregangkan tubuh. Selain itu, jari bayi dapat membuka dan menutup, namun lebih sering membuat gerakan menggenggam. 
  • Minggu 30 → Di usia kehamilan 30 minggu, rambut bayi sudah tumbuh loh Bunda! Selain itu, bayi sudah bisa membuka mata lebar. Sel darah bayi juga sudah terbentuk di sumsum tulang bayi. Sekarang bayi mungkin memiliki panjang lebih dari 10, 5 inci (270 mm) dengan berat 1.300 gram.
  • Minggu 31 → Di usia kehamilan 31 minggu, tubuh bayi sudah benar-benar sempurna. Selain itu, berat badan bayi juga bertambah dengan pesat! Makanya Bunda mungkin akan mudah lelah di usia kehamilan ini. 
  • Minggu 32 → Kuku tangan bayi sudah terbentuk dengan sempurna dan berat badan serta panjang tubuhnya bertambah. Bayi memiliki panjang 11 inci (280 mm) dari puncak kepala hingga bokong dengan berat 1.700 gram. 
  • Minggu 33 → Usia ini,  bayi sudah mulai merespon terhadap rangsangan cahaya. Tulangnya mengeras. Namun, tengkoraknya tetap lembut dan fleksibel.
  • Minggu 34 → Kuku tangan bayi mulai mengeras dan panjang tubuhnya bertambah menjadi 12 inci (300 mm)  dengan berat 2.100 gram.
  • Minggu 35 → Kulit bayi bersih dan mulus. Tubuh bayi juga mulai padat dan berisi.
  • Minggu 36 → Bayi aktif bergerak di dalam kandungan. Ini akan mengejutkan Bunda. Bunda akan merasakan sensasi geli dari dalam perut.
  • Minggu 37 →  Untuk mempersiapkan kelahiran, kepala bayi mulai turun ke panggul. 
  • Minggu 38 → Menginjak usia kehamilan 38 minggu, kuku kaki bayi mulai terbentuk dan mengeras.  Posisi kepala bayi juga sudah berada di bawah. Sekarang bayi memiliki berat sekitar 2.900 gram.
  • Minggu 39 →  Dada bayi menjadi lebih menonjol. Untuk anak laki-laki, testis terus turun ke dalam skrotum. Lemak ditambahkan ke seluruh tubuh bayi untuk menjaganya tetap hangat setelah lahir.
  • Minggu 40 → Bayi mungkin memiliki panjang sekitar 14 inci (360 milimeter) dan berat sekitar 3.400 gram. Namun, tidak semua bayi terlahir dengan berat badan di atas 3 kilogram ya, Bunda. Bagaimana pun bayi sehat adalah bayi yang terlahir dengan sehat memiliki berat sekitar 2.500 gram hingga 4.000 gram (2,5-4,0 kg). 

Itulah informasi seputar perkembangan kehamilan di trisemester ketiga. Selama masa ini, Bunda bisa mempersiapkan seluruh perlengkapan bayi dan ASI. Agar ASI Bunda lancar setelah melahirkan dan untuk mendukung inisiasi menyusui dini, Bunda bisa konsumsi ASI booster. Dengan begitu kualitas ASI Bunda terjaga. 

Selain itu, jika Bunda memiliki permasalahan ASI setelah melahirkan seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI seret, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com melalui link  https://t.me/BusuiSehat.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya Bunda!

Alergi Makanan Pada Anak: Ketahui Penyebab dan Gejalanya Agar Kesehatan Anak Terjaga!

Rhinitis: Ini Cara Mengobati dan Merawat Anak Yang Mengalami Rhinitis!

Anak Bunda Sering Bersin? Waspadai Rhinitis Pada Si Kecil!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password