fbpx
Artikel Pilihan

Konsumsi Obat Batuk Pilek Aman Tidak Bagi Ibu Menyusui? Simak Informasi Ini Bunda!

obat batuk pilek untuk ibu menyusui
obat batuk pilek untuk ibu menyusui/ Sumber foto: freepik

 

Jika imunitas tubuh menurun, Bunda akan rentan terserang penyakit batuk pilek. Terlebih jika pola hidup Bunda tidak sehat.

Penyakit batuk pilek sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, sebagian besar Bunda memilih untuk konsumsi obat guna meredakan batuk pilek karena khawatir menularkan Si Kecil. Tapi, apakah obat batuk pilek itu aman dikonsumsi saat menyusui? Simak penjelasan Busui sehat berikut ini ya, Bunda!

Konsumsi Obat Batuk Pilek Saat Menyusui

“Bagi Bunda yang masih menyusui bisa konsumsi obat silex syrup. Obat ini cenderung aman dikonsumsi selama menyusui karena terbuat dari bahan herbal berupa ekstrak thyme, ekstrak primulaer, ekstrak althaea, ekstrak droserae, ekstrak serpylli, eucalyptus oil, dan anise oil. Seluruh kandungan tersebut membantu mengencerkan dahak saat batuk dan membantu melegakan pernafasan”, 

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Sebelum konsumsi obat batuk pilek, sebaiknya Bunda berkonsultasi ke dokter. Cek kandungan apa saja yang bisa memengaruhi ASI dan bayi Bunda untuk menghindari efek samping. Selain itu, ikuti petunjuk penggunaan dosis yang tertera dalam obat agar untuk mencegah overdosis atau penurunan pada ASI Bunda.

Hindari Obat Batuk Pilek Ini

obat batuk pilek untuk ibu menyusui

Sebagian besar obat batuk pilek dianggap aman untuk dikonsumsi saat menyusui. Namun, Bunda tetap harus perhatikan kandungan obatnya, ya. Lebih baik berkonsultasi dengan dokter agar Bunda mendapatkan penanganan yang tepat. Periksa bahan aktif dalam obat batuk pilek yang dijual bebas demi keamanan bayi Bunda. 

Perhatikan zat yang terkandung dalam obat. Beberapa zat dapat menurunkan produksi ASI dan memengaruhi kesehatan bayi:

  • Pseudoefedrin
  • Klorfeniramin
  • Dekstrometorfan
  • Aspirin 
  • Alkohol

Tidak perlu khawatir Bunda karena batuk pilek dapat sembuh dengan sendirinya.  Namun, jika batuk pilek tidak kunjung sembuh lebih dari 10 hari, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Untuk mencegah batuk pilek Bunda perlu istirahat yang cukup, konsumsi makanan yang sehat, dan cukup air putih agar sistem kekebalan tubuh Bunda meningkat.

Selain itu, Bunda bisa konsumsi  ASI booster untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas ASI. Jika Bunda punya keluhan seputar menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, ASI tidak keluar, dan seret silakan berkonsultasi dengan tim busuisehat.com melalui link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga informasi penting seputar ASI dan kesehatan yuk Bunda!

Bunda Harus Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Milk Blister Saat Menyusui

Ketahui Cara Mengobati Mastitis Pada Payudara Bunda!

7 Cara Memperkenalkan MPASI Pada Bayi Usia 6 Bulan, Bunda Harus Tahu Ini!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password