Artikel Pilihan

Bekerja Sambil Menyusui Sudah Dijamin Oleh Pemerintah Kok Bunda!

bekerja sambil menyusui/ Sumber foto: freepik

 

Bekerja sambil menyusui bukanlah hal yang mudah. Namun, bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Jika Bunda berencana untuk menyusui sambil bekerja, maka Bunda memerlukan dukungan.

Dukungan menyusui di tempat kerja sangat penting. Dengan bekerja, Bunda bisa memenuhi kebutuhan, tetapi Bunda juga tetap bisa mengurus Si Kecil. 

Hal ini juga sudah dijamin oleh pemerintah seperti yang tertera dalam Undang-undang Pasal 22 Nomor 32 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang berbunyi:

“Negara dan pemerintah berkewajiban dan bertanggung jawab memberikan dukungan sarana dan prasana dalam penyelanggaraan perlindungan anak”.

Berdasarkan Undang-undang Pasal 128 tentang Kesehatan menyatakan bahwa seluruh lingkungan termasuk perusahaan diwajibkan mendukung hak ASI eksklusif, dengan penyediaan fasilitas ruang menyusui.

“(2) Selama pemberian air susu ibu, pihak keluarga, pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat harus mendukung ibu menyusui secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus (3) penyediaan fasilitas khusus sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diadakan di tempat kerja dan sarana umum”.

Diskusikan Keputusan “Bekerja sambil Menyusui” Pada Perusahaan Jauh Hari

Bekerja Sambil Menyusui Sudah Dijamin Oleh Pemerintah

Dengan adanya peraturan pemerintah, Bunda bisa mendiskusikan keputusan tersebut kepada atasan. Diskusikan hal ini jauh hari ya Bunda. Jika memungkinkan diskusikan hal ini saat Bunda ingin mengambil cuti melahirkan. Dengan begitu, Bunda bisa melakukan banyak persiapan untuk diri sendiri sembari menunggu keputusan dari perusahaan.

Untuk mendukung program tersebut, Bunda juga perlu mempersiapkan kualitas dan kuantitas ASI. Bunda bisa konsumsi ASI booster agar kuantitas dan kualitas air susu Bunda meningkat.

 Dengan demikian, Bunda bisa mempersiapkan stok ASI perah dan memberikannya kepada Si Kecil saat Bunda bekerja. Jika Bunda memiliki permasalahan ASI lainnya seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI seret, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com melalui link  https://t.me/BusuiSehat.

Untuk tips dan informasi seputar ibu menyusui, pantau terus Busuisehat ya!

Baca juga yuk Bunda!

7 Cara Mengatasi Bayi Kembung Yang Harus Bunda Tahu

Ini 5 Camilan Sehat Untuk Tingkatkan ASI Bunda!

Frekuensi Minum ASI Bayi Berkurang? Cari Tahu Penyebabnya!

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password