Pilihan Makanan untuk Meningkatkan Kualitas ASI

Reviewed By : Tim Konsultan ASI Busuisehat | 18 Januari 2021 17.00 WIB

Ilustrasi dari helthyvelg/ Foto: Good Food for Nausea during Pregnancy

Jakarta, (18 Januari 2021) – Dikutip dari situs resmi Nutriclub.co.id bahwa tubuh Bunda secara natural menjaga kualitas ASI yang Bunda berikan kepada bayi. Jadi, Bunda sebaiknya memberikan nutrisi kualitas terbaik kepada bayi dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui. Lalu makanan sehat berjenis apa aja sih yang bisa meningkatkan Nutrisi dan Kualitas ASI? Yuk simak kebenarannya di bawah ini bunda.

1. Kalori

Pada umumnya, kebanyakan ibu menyusui membutuhkan 300-400 kalori lebih banyak dari ibu biasa. Walau begitu, Ibu tidak perlu bingung menghitung kalori yang Ibu perlukan. Cukup ikuti rasa lapar dari tubuh Bunda sebagai patokan untuk seberapa banyak Bunda perlu makan.

2. Protein

Tubuh Bunda membutuhkan lebih banyak protein dari biasanya, sekitar 20gr lebih banyak. Mengonsumsi protein lewat daging ayam, ikan dan sapi, telur, keju, susu, yogurt, tahu, dan kacang-kacangan misalnya seperti Susu Almond ini, nah itu juga bisa menjadi tambahan protein yang baik untuk Bunda. 

3. Kalsium

Ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi kalsium sekitar 1300 mg per hari. Penuhi kebutuhan Ibu lewat susu, yogurt, keju, dan minuman tinggi kalsium. Jika Bunda mempunyai masalah dalam mengontol biaya, maka Bunda bisa mencoba dengan meminum susu Almoon Milk Plus yang harganya sangat terjangkau dan sangat ampuh untuk meningkatkan kalsium lho Bunda.

4. Zat Besi

Zat Besi yang Bunda perlukan kurang lebih sekitar 34 mg per hari. Penuhi kebutuhan tersebut lewat daging sapi, ayam, ikan dan kuning telur, serta kacang-kacangan dan buah-buahan kering. contohnya seperti yang sudah disebutkan diatas tadi ya Bun.

5. Vitamin C

Dengan kebutuhan vitamin C sebesar 100 mg per hari, Bunda bisa mendapatkannya dari berbagai buah-buahan yang tepat untuk dikonsumsi saat Bunda menyusui lho. Buah-buahan tersebut meliputi asam, brokoli, kentang, tomat, kol, dan paprika.

Menurut Dr. Riyani M. limoa, M.Kes, SpOG, beliau menjelaskan bahwa “Agar produksi ASI banyak bersihkan puting sejak kehamilan trimester tiga, lakukan pijatan payudara, menyusui sesering mungkin, kosongkan payudara dengan memompa setelah bayi menyusu, minum banyak air putih, banyak istirahat dan makan yang cukup dan bergizi.”

Mengutip dari situs resmi Anmum.co.id, bahwa pada bulan april tahun 2018 lalu, ada seorang Bunda yang bernama Eka Utami yang berusia 33 tahun dan bertekad untuk memberikan ASI hingga 2 tahun untuk anak keduanya.

Menurut pengalaman pribadinya, ada 4 macam makanan yang bisa dikonsumsi untuk menambah kuantitas dan kualitas ASI lho Bun.

  • Daun Katuk
  • Pepaya
  • Kacang-kacangan
  • Ikan Salmon

Intinya, jika Bunda ingin meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI, maka Bunda menyusui harus memenuhi kebutuhan gizinya. Begitu juga makanan dan minuman yang harus dikonsumsi oleh Bunda mestinya mengandung banyak kalsium, protein, lemak, zat besi, serta berbagai vitamin dan mineral.

Selain beragam makanan, Bunda juga bisa memenuhi kebutuhan itu dengan minum susu Almond yang mengandung nutrisi penting pasca melahirkan. Salah satu susu yang bisa dipilih untuk melengkapi zat gizi Bunda menyusui adalah Almoon Milk Plus.

Yuk simak kandungan dan Nutrisi penting yang terdapat dalam Almoon Milk Plus dengan meng-klik tombol di bawah ini ya Bunda.

“Mengonsumsi makanan dan minuman booster ASI memang bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI pada ibu menyusui. Tapi yang paling penting, Bunda harus menyusui bayinya lebih sering dan kontinyu atau rajin memompa ASI ketika berpisah jarak dengan anak. Hal ini karena produksi ASI dipengaruhi hormon prolaktin yang dihasilkan dari stimulasi pada puting. ” Ungkap Bunda Eka

“Selain itu, Bunda juga tidak boleh stres. Rasa frustasi akan menghambat pelepasan oksitosin yang berperan pada produksi ASI. Jadi, buat ibu-ibu menyusui di seluruh dunia, jangan lupa bahagia ya.. Semangat! ” Tutur Bunda Eka

© 2021 Copyright Busuisehat.com
Hak Cipta Dilindungi All rights reserved